Ini Kasus Kontoversi yang Melibatkan Hanum Rais

0
10
Hanum Rais
Nama Hanum Rais sering sekali menjadi bahan perbincangan karena sejumlah pendapatnya yang kontroversional.

elahan.com, Hanum Salsabiela Rais seorang kader Partai Amanat Nasional (PAN) sekaligus juga putri dari pimpinan partai tersebut Amien Rais kerap kali menjadi sorotan karena tanggapannya yang diungkapkan di laman sosial media miliknya yang tak jarang menimbulkan kontroversi.

Pada Oktober 2019, Hanum Salsabiela Rais dilaporkan ke kepolisian akibat cuitannya yang diduga telah menyebarkan hoaks terkait isiden penusukan mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto. Hanum mencuit jika kasus penusukan Wiranto adalah settingan dan hanya mencari perhatian karena tidak akan ditunjuk lagi sebagai menteri.

Komentar-komentar yang kerap kali disampaikan Hanum Rais menimbulkan kontroversi hingga jadi pembicaraan di kalangan netizen, ada yang pro dan ada pula yang kontra. Berikut adalah sejumlah kasus kontroversi dan tanggapan Hanum Rais yang menjadi perbincangan:

Film Hanum yang Dihujat dan Tuai Kontroversi

Film Hanum Rais kerap kali menimbulkan kontroversi. Salah satunya adalah poster film Bulan Terbelah di Langit Amerika. Poster film ini sempat menjadi sorotan dan sempat tak lulus sensor oleh pihak Lembaga Sensor Film (LSF) Indonesia.

Hal ini disebabkan oleh tokoh Hanum yang diperankan oleh Acha Septriasa terlihat mengenakan hijab bermotif bendera Amerika Serikat dan sempat menimbulkan perdepatan lantaran bendera yang menjadi lambang suatu negara tersebut tak sepatutnya digunakan sebagai hijab.

Hanum Rais
Film Hanum Rais yang mengundang kritik dari warganet.

Selain film ‘Bulan Terbelah di Langit Amerika’, film berjudul ‘Hanum dan Rangga: Faith adn the City’ juga menuai kritik serta hujatan dari netizen. Hal ini dikarenakan tanggal rilis film ini yang awalnya 15 November 2018 menjadi tanggal 8 November 2018 yang juga bertepatan dengan penayangan perdana film biopic Basuki Tjahja Purnama dengan judul “A Man Called Ahok’.

Kontroversi tentang film Hanum pun bermunculan, berbagai pihak pun beranggapan jika penayangan tersebut bertujuan untuk menyaingi film Ahok serta bersifat politis. Selain itu, para pemain film tersebut dan Hanum pun menjadi bahan hujatan oleh netizen melalui media sosial.

Membela Ratna Sarumpaet

Heboh soal kabar hoaks pengeroyokan Ratna Sarumpaet yang mengundang banyak reaksi, mulai dari Prabowo Subianto hingga Hanum rais. Dokter gigi ini pun ikut menyebarkan berita bohong atau hoaks yang dilakukan oleh Ratna Sarumpaet pada 2018 lalu.

Saat itu, Ratna mengaku wajah lebamnya akibat dikeroyok orang tak dikenal saat berada di bandung. Terkait hal ini, Hanum Rais melalui tayangan video ikut mengatakan bahwa Ratna adalah korban pemukulan. Ia pun merasa sangat yakin terhadap hal ini lantaran diirnya juga merupakan seorang dokter yang turut memeriksa Ratna.

Sebut Kasus Penusukan Wiranto Hanya Rekayasa

Pada Oktober 2019 heboh soal tragedi penusukan terhadap Wiranto oleh salah seorang pria yang merupakan jaringan teroris JAD. Hal ini menuai sejumlah komentar dan tak terkecuali Hanum Rais. Dirinya melalui akun media sosial Twitternya menuliskan jika penusukan terhadap Wiranto merupakan sebuah settingan. Selain itu, Hanum juga mengatakan jika Wiranto hanya mencari perhatian dan play victim.

Berkenaan dengan cuitan kontroversial itu, berakhir pada laporan kepada kepolisian yang dilakukan oleh Jalaludin. Dalam laporannya selain ada nama Hanum Rais ada pula empat nama lainnya yang diantaranya musisi JerinxSID, serta Bhagavad Samavhada.

Pelaporan ini dilakukan atas penyebaran ujaran kebencian serta berita bohong terkait peristiwa penusukan terhadap Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan yang saat itu dijabat oleh Wiranto. Ada lima nama yang dilaporkan, selain sebaran berita hoaks di Twitter, dua orang lainnya mengunggah hoaks tersebut di media sosial Facebook yaitu Jonru Ginting dan gilang Kazuta Shimura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here