Jadwal Debat Ketiga Pilpres 2019, KPU atasi Keributan

0
80
Ilustrasi Capres dan Cawapres di Pilpres 2019

elahan.com – Jadwal Debat Ketiga Pilpres 2019 yang bakal menghadirkan Calon Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Sandiaga Salahuddin Uno , ternyata terdapat rencana ekstra oleh Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) dan akan disiarkan langsung dan live streaming di beberapa stasiun swasta seperti  RCTI , Trans TV, Trans7 dan CNN Indonesia.

Rencananya, Debat ketiga Pilpres 2019 akan dilangsungkan pada Minggu (17/3) dan menghadirkan sosok Calon Wakil Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto yaitu Maruf Amin dan Sandiaga Salahuddin Uno.

Gelaran Debat Ketiga Pilpres 2019 menghadirkan kedua Calon Wakil Presiden  Jokowi  dan Prabowo yaitu Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno dilakukan di lokasi yang sama laksana debat pertama dan kedua. Namun tampaknya, bentuk acara bakal sedikit bertolak belakang karena terdapat wacana teranyar dari Komisi Pemilihan Umum.

Acara debat ketiga Pilpres 2019 yang menghadirkan Calon Wakil Presiden KH Maruf Amin dan Sandiaga Uno disiarkan secara langsung serentak di empat stasiun TV swasta, yaitu GTV,  RCTI, MNC TV dan iNews TV dan dimulai pukul 20.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Selain tersebut kamu juga dapat menyaksikan langsung Debat Calon Wakil Presiden dengan jadwal menghadirkan Calon Wakil Presiden Maruf Amin dan Sandiaga Uno melewati channel YouTube dari Kompas TV dan dimulai pukul 18.00 WIB.

Untuk Tema yang diusung dalam debat ketiga Pilpres 2019 ini ialah pendidikan, ketenagakerjaan, kesehatan, sosial, dan budaya.

Dan untuk mengantisipasi kejadian ribut-ribut di ruangan debat, KPU akan format sebuah kesebelasan yang dinamai komite damai.

Tim ini terdiri dari KPU, Bawaslu dan setiap perwakilan tim sukses. Baik dari kubu Joko Widodo – Ma’ruf Amin maupun Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Wahyu Setiawan selaku Komisioner KPU menjelaskan, maksud dan destinasi pembentukan tim komite damai tersebut.

Wahyu mengatakan kesebelasan ini diciptakan untuk menangkal keributan saat debat berlangsung. Karena paparan aspirasi yang salah dapat menimbulkan persepsi publik.

Bila ada pengakuan pasangan calon Pilpres dalam debat dirasa terlampau menyerang individu salah satu pihak. Maka pihak yang merasa dirugikan lumayan melaporkannya untuk tim tersebut.

Pembentukan ini sesudah KPU mengevaluasi pengamalan debat kedua lalu, dimana terjadi kericuhan ketika jeda iklan.

“Jika terdapat masalah pada debat dapat segera ditamatkan tanpa mengganggu pengamalan debat,” ungkap Wahyu saat berada di Kantor Kementrian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (11/3).

Soal aturan teknis semua pendukung di dalam ruang debat, KPU juga melulu mengizinkan mereka nyanyikan yel-yel dukungan untuk paslonnya masing-masing. Tapi yang butuh diingat, yel-yel itu tak boleh provokatif ataupun menjatuhkan kompetitor lainnya.

“Jadi silakan untuk membina semangat terdapat yel-yel tapi guna semangati paslon sendiri,” ungkapnya.

Bila didapati terjadi pelanggaran aturan dalam ruangan debat seperti mengembus peluit, terompet atau meneriaki yel-yel berbau provokatif, maka kontingen komite damai berhak mengenyahkan yang terkaitdari ruangan debat.

“Dikeluarkan (dari arena debat). Itu gunanya kita menciptakan komite damai. Saya mengulangi bahwa debat ketiga pilpres 2019 tersebut tidak melulu melayani yang hadir, debat tersebut kita melayani semua rakyat Indonesia maka yang di ruangan mesti memuliakan rakyat bila mereka tidak tertib dan mengganggu dengan kata lain mereka pun mengganggu masyarakat yang menyaksikan debat,” beber Wahyu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here