Jadwal Tes CPNS Diumumkan Besok, Ujian Dimulai 27 Januari Mendatang

0
3
CONS
Jadwal Tes CPNS Diumumkan Besok, Ujian Dimulai 27 Januari Mendatang

elahan.com, Pemerintah memastikan jadwal ujian bagi para Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang disiapkan. Jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan segera diumumkan besok. Pelamar diminta menyiapkan sejumlah langkah saat pengumuman tersebut.

Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara, Paryono mengatakan beberapa kesiapan perlu dilakukan saat pengumuman telah dikeluarkan oleh instansi yang merekrut. Para peserta tes diminta membaca dengan teliti pengumuman dari instansi, sehingga tidak ada kesalahan informasi baik hari maupun jam tes.

Beberapa instansi ada yang memberikan syarat khusus kepada peserta saat mengikuti tes pertama. Contohnya, biasanya panitia meminta peserta mengenakan baju putih dan celana hitam. Peserta tes juga harus membaca pengumuman secara terperinci termasuk jadwal tes baik jam maupun hari tes. Apabila salah melihat jadwal, peserta kemungkinan tidak mendapat kesempatan tes di waktu berbeda.

Sementara Badan Kepegawaian Nasional (BKN) meminta kepada seluruh instansi penerima Calon Pegawai Negeri Sipil agar mengumumkan jadwal Seleksi Kompetensi Dasar pada hari Selasa, 21 Januari 2020. Dengan telah diumumkannya jadwal test, para pelamar akan mengetahui kapan, pukul berapa dan di mana lokasi tes yang ditentukan oleh panitia seleksi.

Adapun dari sisi lainnya, pelaksanaan SKD Calon Pegawai Negeri Sipil tahun anggaran 2019 dijadwalkan berlangsung pada 27 Januari 2020 – 28 Februari 2020 mendatang. BKN telah menyiapkan 425 titik lokasi tes untuk seleksi tersebut. Lokasi pelaksanaan untuk instansi pusat dan instansi daerah yang disiapkan BKN terletak di Kantor BKN Pusat, 13 Kantor Regional BKN dan 20 UPT BKN. Sementara, untuk titik lokasi mandiri yang sarana prasarananya dibiayai oleh instansi penyelenggara rekrutmen, telah terdata sebanyak 391 titik.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo mengatakan pihaknya telah menerima soal ujian Calon Pegawai Negeri Sipil yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pelaksanaan ujian tertulis akan diselenggarakan oleh masing-masing kementerian, lembaga maupun pemerintah daerah.

Dalam pelaksanaan tes CPNS  pada tahun ini, Kementerian PANRB mencatat terdapat 4,6 juta pelamar. Setelah dilakukan seleksi administrasi, terdapat 3,8 juta pelamar yang akan melaksanakan ujian tertulis. “Mohon maaf pemerintah baru bisa menerima 150.000 dari pendaftar yang. Kami tidak menambah pegawai administrasi tapi menambah tenaga (teknis) yang dibutuhkan (seperti) ahli IT, dokter, guru, hingga penyuluh pertanian,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here