Jalan Panjang Vincent Iswara Perkenalkan DANA di Masyarakat Indonesia

0
3
Vincent Iswara
Jalan Panjang Vincent Iswara Perkenalkan DANA di Masyarakat Indonesia

elahan.com, Vincent Iswara selaku Chief Executive Officer (CEO) dompet digital DANA melewati proses panjang hingga akhirnya warga Indonesia mengenal dompet digital dan uang elektronik. Menurut pria lulusan magister di Jepang ini, warga Indonesia masih butuh banyak penyesuaian untuk mengadopsi perkembangan dompet digital.

Menurutnya Indonesia membutuhkan sejumlah proses untuk mengenal perkembangan teknologi. Itu seperti istilah dompet digital, coworking space hingga inkubasi yang kini marak dalam industri fintech. Meskipun begitu, ekosistem digital Indonesia saat ini menurutnya tidak ketinggalan dengan belahan dunia lain. Infrastruktur digital Indonesia pun dinilai semakin membaik dari waktu ke waktu.

“Sudah semakin membaik ya, tapi tetap masih banyak tugas. Itu seperti market education, apakah dompet digital ini aman atau tidak, bisa lebih baik daripada cash atau tidak. Jadi harus diajarkan proteksinya. Jadi secara nasional, makin banyak pemain uang elektronik ini maka makin baik, karena mempercepat edukasi cashless,” tuturnya.

Promo merupakan salah satu cara aplikasi pembayaran digital menarik minat pengguna. Hal ini pula yang dilakukan oleh DANA. Tidak hanya menggunakan promo sebagai cara menggaet pengguna, tapi membangun budaya cashless. Seperti yang disampaikan oleh Chief Communication Officer DANA, Chrisma Albandjar, beragam promo yang ditawarkan DANA tidak sekadar menarik pengguna, melainkan juga bagian pembelajaran untuk para penggunanya.

“Menjadi penting promo itu lebih dari sekadar promo. Jadi, mereka memiliki pengalaman menggunakan DANA, lalu ketika mendapatkan voucher lagi, dia akan memakainya, sehingga orang menjadi terbiasa,” ujar Charisma. 

Setelah merasa terbiasa, menurut Chrisma secara tidak langsung itulah yang kemudian akan mendorong jumlah pengguna. Begitu jumlah pengguna naik, secara bersamaan jumlah merchant yang tertarik untuk memakai DANA  pun akan ikut naik. Seiring dengan itu pula budaya nontunai lambat laun akan terus terbangun di Indonesia. DANA juga punya fitur untuk menyimpan kartu debet atau kredit di aplikasi dan dapat langsung digunakan.

“Fitur ini jelas membuka kesempatan bagi pemilik merchant agar tidak kehilangan pemasukan. Maksudnya, saat pembeli kehabisan uang tunai, mereka dapat langsung menggunakan aplikasi DANA untuk pembayaran, tanpa perlu mesin EDC atau menarik uang tunai di ATM,” tuturnya.

Perjalanan yang dilakukan oleh Vincent Iswara untuk mengenalkan apliaksi pembayaran digital bukanlah hal mudah. Butuh perjalanan dan usaha panjang hingga masyarakat Indonesia yang notaben belum seluruhnya melek digital akhirnya mengerti apa keuntungan dan kemudahan menggunakan aplikasi pembayaran digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here