Jenis-Jenis Load Bank Terbaik

0
9
loadbank terbaik

Salah satu alat yang digunakan untuk mengetes kemampuan dari genset ataupun baterai transformer adalah load bank. Fungsi dari load bank adalah untuk mengetahui seberapa kemampuan genset atau baterai transformer sebelum dioperasikan pada beban listrik secara langsung.

Selain itu, load bank juga dapat digunakan untuk mengetes alat guna mengetahui adanya perubahan karakteristik, apakan sudah sesuai dengan kapasitas pada label atau belum. Dalam beberapa tempat sewa loadbank terbaik, biasanya akan dijelasakan secara rinci terkait dengan label tersebut.

Umumnnya alat ini banyak digunakan untuk mengetahui bagaimana tingkat kestabilan kerja dari sebuah genset yang tingkat pembebanananya tinggi, sistem tekanan temperature dan minyak, serta kemampuan tegangan listrik pada titik yang dikehendaki.

Load bank sendiri terdiri dari banyak jenis. Berikut beberapa jenis-jenis load bank yang perlu anda ketahui:

1. Dummy load

Jenis dummy load merupakan alat untuk pengetesan genset yang cara penggunaannya memakai media beban air garam dengan konsentrasi tertentu. Larutan garam ini fungsinya sebagai elektroda atau media elektrolit yang kemudian disambungkan pada genset.

Caranya adalah memasukkan elektroda yang ada di unit genset pada larutan elektrolit kemudian lihatlah bagaimana konsentrasi garam terlarut. Jika elektroda yang masuk semakin dalam, maka nilai beban yang dihasilkan akan semakin tinggi. Sejumlah industri minyak dan gas kerap menggunakannya dalam pengetesan genset.

Keuntungan dari dummy load ini adalah dari segi harga yang relatif murah.

2. Load bank grid resistor

Susunan dari load bank ini terdiri atas lempengan plat nikel yang karakteristiknya tahanan tertentu sebagai media tes untuk pembebanan.

Plat tersebut tersusun atas lapisan isolator tahan panas dan blower sebagai pendingin, karena pada proses ini plat akan menjadi sangat panas.

Hasil yang bisa diamati dari pengetesan ini adalah jika kapasitas saat pengetesan semakin besar, maka besar panas yang dihasilkan semakin meningkat.

3. Load bank heater element

Load bank jenis ini terdiri atas elemen heater dengan kapasitas tertentu untuk bisa mendapatkan nilai pada pembebanan. Tempat sewa loadbank terbaik biasaya sudah memliki kapasitas yang mumpuni.

Elemennya terbuat dari pipa sebagai pengaman dan kawat nickeline yang dibungkus menggunakan gips. Rangkaian alat ini akan mengalirkan udara untuk membuang panas yang dihasilkan sehingga pola pengetesannya dapat secara berkelanjutan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here