Jokowi Urutan ke-16 dari 500 Muslim Berpengaruh 2019

0
33
jokowi
jokowi masuk ke dalam 500 muslim berpengaruh di dunia

elahan.com, Jokowi termasuk kedalam 500 muslim yang berpengaruh tahun 2019. Mantan Walikota Solo tersebut berada di urutan ke-16 dari 50 deretan muslim lainnya.

Ada pula beberapa nama lain yang masuk seperti Mohammad Saleh, pesepak bola Liverpool yang berada di urutan ke-46. Akrab di panggil Mo Saleh.

Daftar ini diterbitkan oleh Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC), lembaga riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam, yang berada di Amman, Yordania.

Buku tersebut berjudul  ‘Edisi Ulang Tahun Ke-10, 500 Muslim: 500 Muslim Dunia Paling Berpengaruh Tahun 2019 (dengan ranking kumulatif selama 10 tahun)’.

Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa muslim yang berpengaruh adalah muslim yang menimbulkan dampak positif maupun negatif terhadap dunia muslim. Dampak ini tergantung dari sudut pandang yang melihat.

Pada daftar 50 teratar didominasi oleh kepala negara dan cendikiawan. Ada 13 kategori secara keseluruhan yakni di bidang ilmu, politik, administrasi hubungan keagamaan, pengkhotbah atau pemimpin spiritual, filantropi/dermawan, sains dan teknologi, isu sosial, seni dan budaya, pembacaan al-qur’an, media, selebritas, bintang olahraga dan bidang ekstremisme.

Dalam 50 nama teratas beberapa nama orang disebut. Antaralain ada Jokowi di urutan ke-16, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj mendapat urutan ke-20 (tahun lalu urutan ke-22), dan ulama/Ketua Umum MUI Jawa Tengah Habib Luthfi Yahya berada di urutan ke-37 (urutan ke-41 tahun lalu).

Ada pula kategori 100 teratas terdata 450 muslim. Untuk kategori sosok tahun 2019 (person of the year) dinobatkan kepada Ahed Tamimi dan Mahathir Mohamad. Ahed adalah sesosok gadis yang berhasil menampar tentara israel dan sosoknya menjadi populer.

Adapun Matahir, Perdana Menteri Malaysia, adalah pria berusia 93 tahun yang menjabat sebagai dua kali.

Adapun peringkat diatas adalah residen Turki Recep Tayyip Erdogan di urutan pertama, Raja Saudi Salman bin Abdulaziz urut kedua, dan urutan ketiga Jordania Abdullah Hussein.

Jokowi berhasil masuk ke urutan ke-16. Hal ini membuktikan bahwa prestasi pengusaha meubel tersebut disorot dan mendapatkan perhatian dimata dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here