Kalori Telur Rebus Paling Baik untuk Dikonsumsi, Ketahui Nilai Gizinya

0
4
kalori telur rebus
Kalori Telur Rebus Paling Baik untuk Dikonsumsi, Ketahui Nilai Gizinya

elahan.com, Telur merupakan makanan yang cukup populer karena mengandung banyak gizi. Akan tetapi tahukah kamu kalori telur rebus berdasarkan fat secreet sebesar 77 kkal. Mengapa dikatakan populer? Karena hampir setiap orang mengkonsumsi telur. Selain harganya yang terjangkau, makanan yang satu ini mudah ditemukan dimanapun.

Telur mengandung nutrisi seperti protein, vitamin dan mineral. Namun gizi yang terkandung pada telur akan berbeda berdasarkan cara masaknya. Seperti yang disampaikan sebelumnya, telur yang direbus mengandung 77 kkal kalori per telur. Lalu 1 butir telur yang direbus juga mengandung 5,29 gram lemak, 0,56 gram karbohidrat, dan 6,26 gram protein.

Sedangkan telur yang digoreng atau diceplok memiliki nilai gizi yang berbeda. Telur ceplok mengandung kalori 92 kkal, lebih tinggi daripada direbus. Telur ceplok mengandung lemak yang juga lebih tinggi daripada di rebus yaitu 7,04 gram. Sedangkan karbohidrat yang dihasilkan justru lebih sedikit hanya sekitar 0,4 gram saja. Serta angka protein yang tidak terlalu berbeda jauh yaitu 6,27 gram.

Lalu ada juga telur yang dimasak dengan nama di orak-arik akan menghasilkan kalori jauh lebih tinggi senilai 101 kkal. Nilai lemak yang juga lebih tinggi yaitu 7,45 gram. Begitu pula dengan nilai karbohidrat yang lebih besar dengan 1,34 gram, dan protein 6, 76 gram.  

Berdasarkan ketiga jenis olahan telur diatas, telur rebus merupakan yang paling baik karena rendah kalori. Begitu pula dengan kandungan lemaknya yang lebih rendah dibandingkan telur ceplok dan orak-arik. Proses memasak telur berfungsi untuk menghancurkan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan, sehingga telur lebih aman untuk dikonsumsi.

Memasak telur juga dapat membuat protein dalam telur lebih mudah dicerna ketimbang telur mentah. Ketika telur dimasak, panas akan memecah ikatan protein tersebut sehingga protein membentuk ikatan baru yang lebih mudah dicerna oleh tubuh manusia. Namun ada hal yang perlu kita perhatikan loh. Memasak telur dengan suhu panas yang tinggi justru dapat merusak nutrisi dalam telur. Berdasarkan studi, memasak telur dengan suhu tinggi dalam waktu yang relatif lama dapat mengurangi kandungan vitamin A, D, dan sejumlah antioksidan. Selain itu juga dapat mengoksidasi kolesterol dalam kuning telur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here