Kelebihan dan Kekurangan Ma’ruf Amin Jelang Debat Capres 2019

0
75
Calon Wakil Presiden, Maruf Amin (istimewa)
Calon Wakil Presiden, Maruf Amin (istimewa)

Elahan.com – Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional  Joko Widodo – Ma’ruf Amin, Abdul Kadir Karding, mendatangi lokasi tinggal Mantan Ketua MUI di Menteng, Jakarta, untuk menyerahkan pelbagai laporan bersangkutan pertumbuhan pilpes 2019 pada Minggu 13 Januari 2019.

 Selain itu, Abdul Kadir pun membicarakan sejumlah hal tentang debat yang akan dilangsungkan dua hari mendatang.

Abdul Kadir mengungkapkan bahwa dirinya mengadukan hal tentang teknis pengamalan debat tadi. Menurutnya, Hal tersebut untuk mempersiapkan paslon presiden  nomor urut 01 supaya benar-benar siap dalam acara debat nanti.

Tetapi Abdul Kadir tak cemas melihat paslon capres yang diusungnya tersebut jelang debat. Sebab, ia telah mengetahui keterampilan yang dimiliki oleh paslon nomor urut 01 ini, apalagi Ma’ruf Amin.

Abdul Kadir mengklaim bahwa Ma’ruf Amin memiliki keterampilan debat yang baik. di organisasi Nahdatul Ulama (NU) telah mempunyai dua tradisi yang biasa dilaksanakan oleh cawapres ini, yaitu halaqah (diskusi mengenai satu hal) dan bahtsul masail (perdebatan dalam penentuan fikih tertentu, peraturan, hukum laksana apa, sampai-sampai lahir fatwa yang dikeluarkan.

“Nah dalam soal debat, kyai tak terdapat masalah. Sejauh ini kyai sendiri telah bagus,” ujar Sekjen DPP PKB tersebut.

Akan Tetapi, Abdul Kadir tetap melafalkan bahwa cawapres paslon nomor urut 01 ini masih mempunyai satu problem yang mesti diselesaikan. Kadir menilai bahwa Ma’ruf tidak terbiasa diberi batas waktunya saat debat.

“Problemnya melulu satu, beliau terbiasa dengan masa-masa yang panjang dalam debat. Oleh karena tersebut kami ucapkan bahwa penyampaiaan visi kan tiga menit, jadi bila kyai ngomong mesti diberi batas waktu yang tepat. Agar kata dan pesan yang akan dikatakan nanti mudah dicerna, mempunyai daya tarik, dan berisi asa yang tinggi,” ungkapnya.

Abdul Kadir juga memperjelas mekanisme yang akan dipakai dalam debat perdana nantinya. Kadir juga memberi masukan tentang bagaimana membalas pertanyaan panelis nanti. Karena, urusan tersebut penting guna memperjelas tugas paslon dalam debat supaya lebih efektif.

Untuk debat capres pertama rencananya akan dilangsungkan pada 17 Januari 2019, dan tema yang diangkat adalah masalah hukum, HAM, Korupsi, dan terorisme.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here