Kementerian PAN-RB Persiapkan Pendaftaran CPNS

0
70
Elahan.com, Kemen PAN-RB Persiapkan Pendaftaran CPNS
Pendaftaran CPNS segera dibuka

Elahan.com, Pendaftaran CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil akan kembali dibuka. Hal ini dikemukakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kementerian PAN-RB.

Kementerian Pan-RB pun menjanjikan penerimaan CPNS tahun 2018 ini akan dilengkapi dengan perbaikan kualitas pada sistem penerimaan.

Menteri PAN-RB Asman Abnur mengatakan ia telah mengevaluasi sistem penerimaan CPNS pada tahun lalu. Asman mengatakan keberadaan jumlah soal untuk lembar ujian tulis pada proses penerimaan CPNS 2017 masih terlalu sedikit.

“Sekarang kita sedang mengkaji model soal yg dianggap masih kurang variatif. Dari total 14 ribu soal yang kita punya pada tahun lalu, sekarang kita punya 32 ribu koleksi soal untuk penerimaan CPNS tahun 2018,” kata politisi PAN itu pada Senin 22 Januari 2018.

“Dengan adanya penambahan jumlah soal itu, diharapkan akan terjadi perbaikan di dalam sistem penerimaan CPNS tahun ini,” tambahnya.

Selain meningkatkan jumlah dan mutu soal, Kementerian PANRB juga akan kembali menyelenggarakan penerimaan CPNS 2018 dengan jumlah posisi yang terbilang lebih besar untuk menggantikan PNS yang akan pensiun di tahun ini.

“Untuk jumlah PNS yang nantinya diterima, tetap jumlahnya ada di bawah yang pensiun,” kata Asman.

Pada tahun 2018 ini Asman mengaku jumlah PNS yang akan pension ada sekitar 220.000 orang.

Kementerian PANRB juga hendak mengintegrasi data kepegawaian yang ada di jajaran kepemerintahan pada tahun ini.

“Kita akan lakukan integrasi data kepegawaian yang mencakup seluruh instansi pemerintah, baik di pusat maupun di daerah,” kata Asman.

Ia juga mengatakan idenya itu telah didukung oleh berbagai jajaran terkait, mulai dari pelaku BUMN sampai pihak swasta dalam negeri.

“Komitmen kami ini juga telah di-support juga oleh kawan-kawan dari BUMN dan swasta, seperti PT Bank Mandiri. sistem terintegrasi ini dibuat agar nanti tidak ada lagi yang kesulitan terkait data kepegawaian,” sebutnya.

Ia beralasan hal itu dilakukan untuk membuat sistem penisun, kenaikan pangkat, sistem operasi lainnya berjalan secara otomatis sehingga bisa lebih praktis pada pendaftaran CPNS 2018 dan tahun-tahun mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here