Kim Jong-un Mengganti Bodyguardnya dan Kepala Mata-mata Korea Utara

0
9
Kim Jong-un
Kim Jong-un Mengganti Bodyguardnya dan Kepala Mata-mata Korea Utara

Elahan.com, Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mencopot kepala agen mata-mata Korea Utara. Bodyguard yang dipercaya untuk melindunginya sejak 2010 juga dicopot. Kementerian Unifikasi Korea Selatan telah mengetahui pencopotan bos intelijen Pyongyang tersebut. Kementerian itu, seperti dikutip The Korea Herald, Jumat (15/5/2020), mengatakan Kim mengganti Jang Kil-song sebagai direktur Reconnaissance General Bureau (RGB) pada Desember 2019 dengan Letnan Jen Rim Kwang-il. Rim kemudian ditunjuk sebagai anggota Komisi Militer Pusat Partai Buruh, partai berkuasa di negara komunis tersebut.

Jenderal Angkatan Darat Yun Jong-rin, bodyguard yang telah melindungi Kim Jong-un sejak 2010, digantikan oleh Kwak Chang-sik sebagai komandan Pengawal Tertinggi yang baru. Yun juga ditunjuk sebagai anggota komite pusat partai yang berkuasa. Tidak jelas alasan penggantian bos mata-mata dan bodyguard Kim Jong-un tersebut.

Langkah-langkah lain juga termasuk penunjukan Hyun Song-wol, pemimpin band perempuan Moranbong, di Korea Utara yang menjadi wakil direktur departemen propaganda dan agitasi. Muncul desas-desus palsu yang menyebut Hyun telah dieksekusi mati. RBG diperkirakan berada di belakang banyak operasi mata-mata Korea Utara, perang dunia maya dan serangan-serangan lain terhadap Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat.

Perombakan kabinet Korut itu diumumkan oleh Kementerian Unifikasi dalam publikasi tahunannya. Kementerian itu mengatakan perombakan mengindikasikan Kim sedang berusaha memperketat cengkeramannya pada kekuasaan dengan menempatkan para pembantu utama di jabatan-jabatan utama.

“Tahun lalu, 80 persen anggota politbiro diganti dan sembilan dari 11 anggota, atau 82 persen, dari Komisi Urusan Negara diganti,” kata seorang pejabat Kementerian Unifikasi yang berbicara dengan syarat anonim.

Posisi adik perempuan Kim Jong-un, Kim Yo-jong, belum diketahui. Dia menerima perhatian luas bulan lalu setelah rumor global beredar tentang kesehatan kakaknya dan kemungkinan perubahan kepemimpinan setelah Kim Jong-un menghilang dari pandangan publik selama hampir tiga minggu.
Kim telah membersihkan pembantu utama di masa lalu. Pada 2013, dia dilaporkan meminta pamannya dieksekusi mati karena menjadi “pengkhianat” dan kejahatan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here