Kisruh Pro dan Kontra Musisi Tentang RUU Permusikan

0
66
Tanggapan sejumlah musisi Indoneisa terkait RUU Permusikan
Tanggapan sejumlah musisi Indoneisa terkait RUU Permusikan (istimewa)

elahan.com – Belum lama ini, musisi sekaligus anggota DPR RI Anang Hermansyah mengajukan draft RUU Permusikan. Hal tersebut tentu saja langsung mendapat berbagai tanggapan dari musisi-musisi Indonesia.

Sejumlah musisi melaui Koalisi Nasional yang dipimpin oleh Jerinx SID menyatakan menolak RUU tersebut. Mereka menolak  jika RUU Permusikan disahkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) menjadi Undang-Undang.

Jerinx dan kawan-kawan menilai naskah RUU tersebut banyak memiliki aturan yang akan menghambat proses kreasi para penggiat musik. RUU tersebut juga dianggap tidak mengapresiasi para pekerja musik.

Selain itu, musisi di Surabaya melakukan aksi penolakan dengan cara berkunjung ke makam pahlawan WR Soepratman. Dengan membentuk lingkaran di sisi makam sambil memanjatkan doa bersama mereka menyatakan menolak pengesahan RUU Permusikan.

Koordinator aksi musisi Surabaya, Ndimas Narko Utomo mengatakan kunjungan tersebut merupakan bentuk perlawan naskan RUU tersebut. Menurutnya, WR Soepratman merupakan salah satu tokoh yang menggunakan musik sebagai alat perjuangan menyatukan seluruh rakyat Indonesia.

“Kami menggunakan energi WR Soepratman untuk menolak RUU Permusikan, karena RUU ini juga salah satu bentuk pengekangan dan penindasan terhadap kreativitas,” ucap Ndimas.

Salah satu poin naskah RUU yang mereka tolak adalah mengenai pelarangan terhadap lagu-lagu bertema isu sosial.

“Di situ nanti akhirya pemerintah ini yang bermain, kemungkinan pemerintah baru anti kritik, mau jadi apa negeri kita ini? Ketika teman-teman musisi dibungkam, apa kabar dengan teman-teman tari, teater, sastra dan teman-teman yang berada di dunia kreatif akan dikekang juga. Maka dari itu kami bersikap menolak RUU tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, aktor sekaligus penyanyi Iqbaal Ramadhan juga ikut memberikan tanggapan mengenai RUU tersebut. Jika kebanyakan musisi menyatakan menolak pengesahan RUU tersebut, Iqbaal justru mendukungnya.

Menurutnya, walaupun ada beberapa pasal yang menuai pro dan kontra, dia yakin bahwa RUU tersebut bertujuan untuk memajukan dunia permusikan Indonesia.

“Saya percaya kalau RUU tersebut dibuat untuk sesuatu yang baik bagi musisi. Saya selaku musisi juga ingin musisi punya pengakuan di dalam tata kenegaraan Indonesia. Saya ingin di KTP nanti tidak hanya ditulid sebagai musisi saja tapi bisa ditulis sebagai musisi, aktor dan lainnya,” ujar Iqbaal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here