Komisi Pemberantasan Korupsi Minta Napi Koruptor Dipindah ke Nusakambangan

0
42
Kepala Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi Febri Diansyah
Kepala Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi Febri Diansyah

Elahan.com, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta agar tersangka korupsi dipindahkan ke lapas Nusakambangan.

Melalui Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, lembaga antirasuah menyebut pemindahan napi koruptor ke lapas Nusakambangan bisa memberikan efek jera bagi para pelaku yang liar. Untuk itu mereka bersikukuh meminta komitmen Direktorat Jenderal Pemsyarakatan (Ditjen PAS) kemenkum HAM agar melaksanakan rekomendasi perbaikan lapas dengan memindahkan lapas koruptor ke Nusakambangan.

Namun, Alexander mengatakan pemindahan napi ke Nusakambangan sepenuhnya merupakan hak Ditjenpas, bukan kewenangan KPK.

Pemindahan koruptor ke Lapas Nusakambangan yang berada di Cilacap, provinsi Jawa Tengah, sebenarnya merupakan salah satu rencana aksi yang sudah disusun sendiri oleh ditjenpas Kemkumham berkoordinasi dengan KPK agar sistem pengelolaan lapas diperbaiki.

Komitmen inilah yang coba ditagih oleh KPK. Namun sebelumnya, Menkum HAM Yasonna Laoly menyebut tidak akan memindahkan napo koruptor ke Nusakambangan. Hal ini menurutnya tidak perlu, sebab koruptor tidak termasuk dalam kategori yang berisiko tinggi (high risk) sehingga tidak perlu dimasukkan ke lapas dengan super maximum security.

Kepala Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi Febri Diansyah berharap pernyataan Menteri Yasonna Laoly memindahkan napi koruptor bukan berarti menolak sepenuhnya, hanya saja memiliki pandangan bahwa koruptor tidak bisa masuk ke lapas Nusakambangan dengan kategori super maximum security.

Nusakambangan sendiri memiliki lapas dengan berbagai tingkatan keamanan, mulai dariminimum security, medium security, maximum security , dan super maximum security. Menurut kajian KPK, para koruptor ditempatkan di lapas dengan maximum security, bukan super maximum security. Lapas dengan kategori maximum security tersebut merupakan lapas besi dan lapas kembang kuning.

Keinginan untuk memindahkan koruptor ke Nusakambangan adalah untuk memperketat dan mengurangi risiko penyalahgunaan izin keluar atau berobat oleh para koruptor. Selain itu, di sana, kunjungan terhadap napi pun lebih terbatas, yang bisa mengurangi risiko masuknya barang terlarang karena sudah digeledah di pelabuhan.

Untuk itu, Komisi Pemberantasan Korupsi meminta agar Kementerian Hukum dan HAM bisa lebih serius dan terbuka melakukan perbaikan, juga serius dengan rencana memindahkan napi koruptor ke lapas yang ada di Nusakambangan.

Menkumham tolak pindahkan napi koruptor ke Nusakambangan

Yasonna Laoly mneolak permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi
Yasonna Laoly mneolak permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menolak usulan dari KPK untuk memindahkan napi korupsi ke LP Nusakambangan yang ada di Cilacap. Yasonna sebut LP Nusakambangan tempat bagi narapidana terorisme dan narkoba karena pengamanannya tinggi.

Menurut dia yang menjadi persoalan adalah karena napi koruptor bukan tergolong napi dengan kategori high risk yang perlu diberikan penahanan super maksimum.

Namun, Yasonna menyebut Kemenkumham saat ini sedang membangun L P dengan fasilitas pengamanan super maksimum di Karanganyar, Jawa Tengah.

Setya Novanto dipindahkan ke Rutan Gunung Sindur

Lanagkah memindahkan Setya Novanto ke Rutan Gunung Sindur diapresiasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Setelah berkeliaran di luar lapas Sukamiskin dengan izin berobat, tempat penahanannya segera dipindah oleh Kemkum HAM.

Kejadian ini bukan sekali terjadi, tapi sudah beberapa kali. Dia dan beberapa napi korupsi lain, seperti Gayus Tambunan yang pernah tertangkap sedang menonton pertandingan tenis internasional di Bali beberapa tahun lalu.

Pegajuan agar koruptor dipindah ke Nusakambangan agar mereka tidak mendapat perlakuan istimewa di lapas yang biasa.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo, tim mereka menemukan bahwa para narapidana yang memiliki uang biasanya istimewa di lapas dan bebas memerintahkan napi yang lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here