Kondisi IHSG yang Optimis Menguat Pasca Pulih dari Pandemi Corona

0
13
ihsg di masa corona
Kondisi IHSG yang Optimis Menguat Pasca Pulih dari Pandemi Corona

elahan.com, Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi akan menguat terbatas pada perdagangan hari ini. Penguatan tersebut didorong oleh pemberlakuan Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 2020 tentang Program Pemulihan Ekonomi Nasional (Program PEN) yang merupakan serangkaian upaya pemulihan ekonomi nasional dari pandemi.

Selain merespons aturan terbaru, hari ini investor juga akan menunggu rilis data penjualan ritel Maret 2020. Perkiraan pertumbuhan ritel Maret akan turun lebih dalam mencapai -5,2 persen semenjak diberlakukan aturan social distancing. Adapun, pertumbuhan ritel Indonesia telah menunjukkan angka negatif sejak akhir tahun lalu, yaitu pada Desember -0,5 persen, pada Januari -0,3 persen, dan Februari -0.8 persen.

IHSG ditutup menguat di level 4,639.11 (+0.91%). Penguatan didorong oleh Misc-IND (+3.48%) dan Agriculture (+2.35%). Menguatnya IHSG didorong oleh optimisme masyarakat perekonomian akan segera pulih pasca COVID-19. Pemerintah telah menyiapkan timeline terkait masalah pembangkitan perekonomian yang akan segera dilaksanakan.

Bursa saham US ditutup bercampur, investor masih cukup cemas terhadap dibukanya kembali ekonomi secara perlahan dan bertahap. Meskipun pembukaan kembali di nilai bagus, namun penyebaran Covid-19 masih menjadi fokus utama dari pemikiran investor. Saat ini risiko masih semakin tinggi atas ketakutan peningkatan kembali kasus Covid-19 di US. Bursa asia dibuka melemah menanti data ekonomi China yaitu inflasi, indeks harga konsumen dan indeks harga produksi.

IHSG diprediksi melemah. Pergerakan diperkirakan masih akan terbatas dikarenakan minimnya sentimen. Investor masih akan cenderung wait and see menanti perkembangan terkait pemulihan perekonomian dan di sisi lain, akan berpotensi akan kembali memperluas penyebaran covid yang belum mereda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here