KPK Lepaskan Istrinya, Edhy Prabowo Ditetapkan sebagai Tersangka

0
8
KPK OTT Edhy Prabowo
KPK Lepaskan Istrinya, Edhy Prabowo Ditetapkan sebagai Tersangka

elahan.com, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo sebagai tersangka kasus dugaan korupsi atas penerimaan hadiah atau janji terkait perizinan tambak, usaha , atau pengelolaan perikanan atau komoditas perairan sejenis lainnya tahun 2020. Edhy Prabowo diamankan pada 25 November 2020 sepulangnya dari perjalanan dinas ke Amerika Serikat.

“KPK menetapkan total tujuh orang tersangka dalam kasus ini. EP (Edhy Prabowo) sebagai penerima,” kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih, Rabu (25/11/2020).

Edhy tampak mengenakan jaket tahanan KPK berwarna oranye bersama empat tersangka lainnya. Edhy ditangkap bersama sang istri dan sejumlah pejabat Kementerian Kelautan dan Perikanan sepulangnya dari kunjungan kerja di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat. Selain di Bandara Soekarno-Hatta, juga menangkap sejumlah pihak lain di Jakarta dan Depok.

“Jumlah yang diamankan petugas KPK seluruhnya saat ini 17 orang, di antaranya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan beserta istri dan beberapa pejabat di KKP. Di samping itu juga beberapa orang pihak swasta,” kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Rabu siang.

Saat ini KPK mengatakan telah ada 7 tersangka Selain Edhy, enam tersangka lainnya yaitu staf khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Safri, pengurus PT Aero Citra Kargo Siswadi, staf istri Menteri Kelautan dan Perikanan Ainul Faqih, staf khusus Menteri Kelautan dan Perikanan Andreau Pribadi Misata, dan seorang bernama Amiril Mukminin. Kemudian, seorang tersangka lagi bernama Direktur PT Dua Putra Perkasa Suharjito disangkakan sebagai pemberi suap.

Berdasarkan berita dari tempo.co, istri dari Edhy Prabowo sendiri yaitu Iis Rosita Dewi tidak masuk dalam daftar tersangka sehingga dibebaskan.  Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menjelaskan bahwa penyidik telah melakukan gelar perkara sebelum menetapkan orang sebagai tersangka.

Meski begitu KPK tak menutup kemungkinan akan adanya penambahan tersangka dalam kasus korupsi penerimaan hadiah perizinan benih lobster ini. penambahan tersangka bisa dilakukan dalam pengembangan kasus. Usai dirinya ditetapkan sebagai tersangka, Edhy Prabowo pun menyampaikan permohonan maafnya kepada sejumlah pihak atas kejadian ini. Dia juga meminta maaf kepada masyarakat Indonesia, khususnya yang berkecimpung di bidang perikanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here