KPU Akan Kurangi Tamu Undangan Debat Pilpres 2019

0
29
Debat Pilpres 2019
Debat Pilpres 2019 (istimewa)

elahan.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman mengatakan bahwa pihaknya bersama TKN dan BPN sudah sepakat untuk mengurangi jumlah undangan debat pilpres putaran ketiga. Nantinya KPU hanya menyediakan 450 kursi untuk menampung undangan di arena debat.

Menurutnya, jumlah tamu undangan pada debat kedua yang digelar pada 17 Februari lalu terlalu banyak.

“Yang jelas dari kapasitas total sebelumnya ada 600 kursi itu terlihat terlalu sesak. Maka dari itu kami kurangi kapasitas totalnya (untuk debat ketiga),” kata Arief, Selasa (26/2/2019).

Seperti yang diketahui, KPU memberikan alokasi undangan masing-masing sebanyak 140 orang untuk pendukung capres-cawapres pada debat kedua. Pada debat ketiga nanti, KPU berencana akan mengurangi kuota menjadi sekitar 75 orang pendukung untuk masing-masing kandidat capres-cawapres.

“Kami berdiskusi dengan peserta rapat semuanya tadi ada BPN, TKN dan ada juga Bawaslu. Kesimpulan sementaranya kami akan mengurangi separuh kuota pendukung dari yang debat kedua,” ucap Arief.

Arief juga mengatakan, secara total nantinya KPU hanya akan mengundang sekitar 300 orang saja. Dia juga mengatakan bahwa kapasitas kursi di arena debat ketiga nanti hanya ada 450 kursi.

“Jadi akan lebih longgar, diharapkan juga nanti akan lebih tenang suasananya. Kesimpulan terakhir terkait undangan seperti itu. Nanti jika ada perubahan ya tentu akan diberitahukan lagi,” jelas Arief.

Sebelumnya, KPU mengadakan rapat persiapan debat ketiga yang rencananya akan digelar di Hotel Sultan, 17 Maret medatang. Rapat tersebut juga sudah menghasilkan kesepakatan bahwa Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas yang akan menjadi moderatornya.

Selain itu, sejumlah nama-nama panelis juga sudah disampaikan KPU kepada TKN Jokowi-Ma’ruf dan BPN Prabowo-Sandiaga Uno. Arief mengaku bahwa TKN dan BPN juga sudah sepakat dengan nama-nama itu.

“Apabila ada yang tidak memenuhi syarat ya mohon di cancel oleh pihak KPU. Ya KPU silakan saja, ini kan forum terbuka dan KPU menerima masukan dari mana pun. Nanti kami tentukan antara tujuh sampai sembilan panelis yang akan mempersiapkan isu strategis dan pertanyaan empat tema ini,” pungkas Arief.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here