KPU Akan Ubah Format Debat Kedua Pilpres 2019

0
104
KPU ubah format pada debat kedua pilpres 2019
KPU ubah format pada debat kedua pilpres 2019 (istimewa)

elahan.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus berupaya memaksimalkan persiapan jelang debat kedua pilpres 2019. Salah satunya yaitu format debat kedua nanti akan berbeda dengan debat pertama 17 Januari 2019 lalu.

Pramono Ubaid Tanthowi yang menjabat sebagai Komisioner KPU mengatakan, kesiapan jelang debat kedua nanti sudah mencapai 90 persen. Sehingga debat kedua tersebut bisa terlaksana pada 17 Februari 2019 mendatang.

“Kira-kira sudah sampai 90 persen kesiapan KPU ini, mulai dari tim panelis, moderator, daftar pertanyaan, teknis penyelenggaraan, pengamanan dan lain-lain,” ucap Pramono, Senin (11/2/2019).

Berikut ini beberapa perubahan format debat kedua pilpres 2019:

1. Tidak akan ada lagi kisi-kisi

Salah satu Komisioner KPU, Wahyu Setiawan menuturkan bahwa pihaknya tidak akan lagi memberikan kisi-kisi sebelum debat. Menurutnya hal tersebut dilakukan sebagai bagian evaluasi dari debat sebelumnya.

“Salah satu yang dievaluasi adalah terkait pemberitahuan abstraksi kisi-kisi soal kepada kandidat. Kami berupaya mengartikulasikan harapan publik sehingga untuk debat berikutnya abstraksi soal yang dibuat panelis tidak akan diberitahukan kepada kandidat,” kata Wahyu.

2. Tidak akan ada lagi pendukung di belakang kandidat.

Format teknis panggung juga mengalami perubahan pada debat kedua nanti. Pada debat pertama terdapat tim pemenangan yang duduk di belakang dua pasangan kandidat. Namun, pada debat kedua nanti hal tersebut akan dihilangkan.

“Di belakang kandidat pas debat pertama kan ada orang-orang. Untuk debat kedua tidak ada,” kata Wahyu.

3. Waktu segmen empat dan lima akan lebih panjang.

Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi-Ma’ruf Amin, Usman Kansong mengatakan di segmen keempat dan kelima waktunya akan lebih panjang dari debat sebelumnya.

“Itu nanti lebih panjang, jadi kalau nanti waktu habis moderator masih bisa meminta capres mendalami lagi,” kata Usman, Rabu (30/2/2019).

4. Akan ada pemutaran video pendek di segemen empat.

Ketua KPU, Arief Budiman mengatakan pihaknya memutuskan adanya pemutaran video pendek pada segmen empat. Video yang diputar tersebut akan sesuai dengan tema debat kedua. Sehingga kedua kandidat nantinya bisa mengomentari ini video tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here