KPU Bocorkan Pertanyaan Debat Pilpres 2019 Kepada 2 Pasang Calon

0
65
Pilpres 2019 (istimewa)
Pilpres 2019 (istimewa)

elahan.com – KPU akan membocorkan pertanyaan untuk debat pilpres 2019 pertama kepada Jokowi-Ma’aruf Amin dan Prabowo-Sandi. Namun pertanyaan yang dibocorkan tetap akan diundi lagi mana yang akan digunakan di forum debat.

Ketua KPU Arief Budiman mengemukakan metode ini di Hotel Mandarin Oriental, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, sabtu (5/1/2019).

“Ada 20 pertanyaan, padahal sebenernya yang ditanyakan masing-masing Cuma 3, karena ada 3 segmen yang dipertanyakan oleh moderator. Tapi 3 pertanyaan itu mereka belum tahu, tapi mereka sudah mempersiapkan,” kata Arief.

Debat Pilpres 2019 pertama akan mengusung tema ‘Hukum, HAM, dan Terorisme’ digelar pada 17 Januari. Pertanyaan akan diberitahukan sekitar sepekan sebelumnya kepada pihak Jokowi-Ma’aruf dan Prabowo-Sandi.

“Sebetulnya lebih cepat dari tanggal 10 Januari. Tanggal 10 Januari itu sudah diberikan paling lambat,” Ujar Arief.

Hal ini membuat Mantan Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah berkomentar bahwa metode dari KPU ini tidak pas.

“Ya menurut saya tidak pas lah, kalau misalnya kisi-kisi disampaikan ke paslon sebelumnya. Lebih baik didalami, kan tema general sudah dipahami dan diketahui, nanti tinggal moderator yang akan mengolah menjadi pertanyaan dari kisi-kisi yang dikasih panelis. Itu mekanisme,” ujar Ferry Kurnia saat dihubungi, Minggu (7/1/2019).

Cawapres Ma’ruf Amin menanggapi positif metode tersebut karena sudah disepakati kedua belah pihak. “Saya kira itu aturan, ya kita ikutin saja. Karena itu merupakan kesepakatan kedua pihak bahwa KPU mempersiapkan pertanyaan untuk disampaikan kepada kita, saya kira itu bagus,” ujar Ma’ruf di PIQ Al Misbah, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Sedangkan cawapres pendamping Prabowo, Sandiaga Uno ikut menanggapi keputusan KPU tersebut. Menurutnya debat pilpres bukanlah lomba menghapal. Dia berharap bisa menyampaikan visi misinya untuk Indonesia saat debat pilpres 2019 nanti.

“Buat saya enggak ada kemudahan atau kesulitan, biasa saja, kan yang diuji bukan kemampuan menghapal, tapi nalar kita untuk melihat permasalahan bangsa,” kata Sandiaga Uno di Pesantren Al Mubarok, Serang, Banten.

Debat pilpres 2019 pertama akan digelar pada 17 Januari mendatang. Kedua pihak tengah mempersiapkan materi-materi untuk disampaikan pada saat debat digelar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here