KPU Kota Malang Sudah Mulai Terima Surat Suara Pemilu

0
101
KPU Kota Malang sudang menerima sejumlah surat suara Pemilu 2019
KPU Kota Malang sudang menerima sejumlah surat suara Pemilu 2019 (istimewa)

elahan.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang sudah menerima logistik surat suara Pemilu 2019. Sebanyak 1.207 kardus berisi surat suara ini dibawa menggunakan empat unit truk boks.

Ketua KPU Kota Malang, Zaenudin mengatakan pengiriman tersebut akan berlanjut hingga tiga hari kedepan. Logistik yang sudah diterimanya itu merupakan surat suara untuk Pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dilanjut dua hari kedepan untuk pemilihan calon anggota DPRD kota/kabupaten hingga calon presiden dan wakil presiden.

Dia mengatakan untuk jumlah logistik tersebut, saat ini sedang dalam proses penghitungan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP). KPU Kota Malang saat ini sudah mencatat jumlah DPTHP sebanyak 623.185 pemilih. Jumlah tersebut nantinya akan ditambah dua persen dari total dan akan dilaporkan ke KPU RI.

Selama distribusi logistik ini, terdapat dua tim polisi pengamanan (PAM) terbuka dan 1 polisi PAM tertutup untuk mengawasi logistik dari Kepanjen ke gudang KPU di jalan Ciujung. Pihak KPU Kota Malang juga akan bekerja sama dengan aparat keamanan dalam melakukan pengamanan logistik di gudang.

Zaenudin juga menambahkan bahwa dalam dua hari kedepan atau 14 Februari 2019 pihaknya akan mengadakan simulasi pengamanan. Dalam simulasi tersebut akan melibatkan BPDB, Satpol PP, Kodim, dan Polresta Malang.

“KPU Kota Malang juga akan menggelar tentang tata cara pengamanan logistik pemilu. Pengamanan tersebut mulai dari proses kedatangan, distribusi surat suara ke masing-masing TPS, yang kita simulasikan di gudang,” kata Ketua KPU Kota Malang tersebut.

Pihaknya juga akan menambah kemanan untuk setiap truk pengangkut logistik Pemilu 2019 dengan empat personil kepolisian. Sedangkan untuk di gudang KPU, akan dijaga oleh 11 personil kepolisian, diantaranya lima personil akan berada di dalam dan enam personil lainnya akan berjaga di luar gudang.

“CCTV lengkap juga telah kami sebar, tidak ada celah surat suara bisa diambil ataupun dipindahkan,” ucapnya.

Pihak KPU Kota Malang akan mulai mendistribusikan logistik tersebut ke masing-masing kecamatan di Kota Malang pada 20 Februari mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here