KPU Lamongan Sudah Terima Semua Surat Suara

0
28
Proses pelipatan surat suara di Lamongan
Proses pelipatan surat suara di Lamongan (istimewa)

elahan.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lamongan Jawa Timur sudah menerima surat suara tahap kedua untuk Pemilu 2019. Penerimaan tahap kedua ini adalah untuk calon Presiden dan Wakil Presiden, DPRD Kabupaten dan DPD.

“Hari Selasa (26/2/2019) semua surat suara sudah dikirim dari tempat percetakan,” ucap Imam Ghozali, Ketua KPU Lamongan, Rabu (27/2/2019).

Jumlah masing-masing jenis surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPRD Kabupaten dan DPD adalah sebanyak 1.077.636. setelah diterima, surat tersebut akan disimpan di dua tempat yang berbeda.

Untuk DPRD dan Presiden serta Wakil Presiden akan disimpan di kantor KPU Lamongan dan untuk DPD akan disimpan di gudang Jalan Raya Pasar Ikan. Setelah menerima pada tahap kedua ini, maka KPU Lamongan sudah menerima semua surat suara untuk Pemilu 2019.

Tahap selanjutnya yaitu proses pelipatan dan penyortiran. Kerusakan-kerusakan yang ada akan diketahui pada proses pelipatan nantinya. Jika ada kerusakan, KPU Lamongan bisa langsung melaporkan ke pihak KPU Provinsi Jawa Timur.

“Tinggal finalnya (tahap terakhir), yaitu proses pelipatan dan penyortiran surat suara,” ucap Ketua KPU Lamongan tersebut.

Sementara itu, KPU Kota Bandung masih belum menerima lembaran surat tersebut hingga Rabu (27/2/2019) kemarin. Ketua KPU Kota Bandung, Suharti mengatakan bahwa surat tersebut akan dikirim dari percetakan di daerah Cicalengka, Kabupaten Bandung pada 4 Maret 2019.

“Pengiriman dari percetakan itu sekitar tanggal 4 Maret ini. Informasi terakhir yang kami dapat, percetakan itu akan mengirim surat suara DPRD Kota Bandung dan DPR RI,” ucap Suharti, saat ditemui di Kantor KPU Kota Bandung, Rabu (27/2/2019).

Suharti mengatakan bahwa nantinya proses pengiriman akan dilakukan oleh pihaknya secara parsial. Karena, jika menunggu proses pencetakan hingga selesai semua, KPU Kota Bandung khawatir akan hanya memiliki waktu yang sedikit untuk proses pelipatan dan penyortiran nanti.

“Sesuai DPT satu juta 390-an, surat suara akan kami terima nanti DPT ditambah dua persen. Jadi angka 1,8 juta dikalikan 5 jenis surat suara,” jelas Suharti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here