Kubu Prabowo-Sandi Nilai Debat Capres Seperti Ngobrol

0
78
Debat capres 2019 pertama (istimewa)
Debat capres 2019 pertama (istimewa)

elahan.com – Kisi-kisi pertanyaan debat capres pertama telah diberikan kepada masing-masing paslon oleh KPU. Kubu Prabowo-Sandi menilai debat capres pertama ini tidak akan menarik dan terlihat seperti ngobrol.

Ketua Seknas Prabowo-Sandi, Muhammad Taufik mengklaim dengan adanya kisi-kisi ini akan membuat sulit untuk menilai kedua paslon.

“KPU sudah banyak dikritik publik soal debat, pembocoran visi misi. Sekarang orang menuntut banyak kepada Mendikbud supaya materi ujian juga dibocorkan. Ini kan sudah engga layak. Saya kira debat ini tidak akan menarik.

“Karena bukan debat lagi. Ini adalah ngobrol, mengklarifikasi atas pertanyaan,” ujar Taufik, Minggu (13/1/2018).

“Visi misi yang disampaikan dalam proses kongkow bukan debat, karena soal sudah dibocorkan kan sedikit sekali. Tidak utuh, pikiran-pikiran yang tertuang pasangan capres cawapres itu disampaikan ke publik dong,” lanjut Taufik.

Habiburokhman membocorkan satu pertanyaan yang akan diajukan pada saat debat capres pertama. Juru Bicara Direktorat Advokasi BPN Prabowo-Sandi itu juga memberikan tanggapan atas pertanyaan tersebut.

“Saya dengar bocorannya di pertanyaan debat juga disampaikan, ‘Apakah penindakan atau pencegahan korupsi yang diprioritaskan?” kata Habiburohman, Minggu (13/1/2019).

Dia menyatakan pihaknya tidak bisa memilih salah satu untuk diprioritaskan. Alasannya, dalam pemberantasan korupsi, pencegahan dan penindakan sama-sama merupakan prioritas yang harus dikedepankan.

“Bagi kami, kami tidak mau memilih salah satu. Kami ingin keduanya sempurna, baik pencegahan maupun penindakan. Penindakan bagi kami ya itu pencegahan sendiri juga,” kata dia.

Menurutnya, bukan KPK saja yang mengurusi permasalahan korupsi. Pihak lain dalam pemerintahan juga harus ikut bekerja sama menangani permasalahan korupsi di Indonesia.

“Kalau pencegahan bukan hanya domain KPK, kayak birokrasi reformasi juga memiliki domain pencegahan,” kata Habiburokhman.

Seperti yang sudah diketahui, KPU telah memutuskan untuk menggunakan metode ‘bocoran’ pada debat capres pertama. Dengan cara 20 pertanyaan akan diberikan kepada dua paslon dan akan diundi menjadi 4 pertanyaan yang digunakan.

Debat capres pertama ini akan mengusung tema Hukum, HAM, Korupsi dan Terorisme dan akan digelar pad 17 Januari 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here