Lomba Saat Perayaan HUT RI, Yuk Simak Ide-idenya !

0
32
lomba saat perayaan HUT RI
lomba saat perayaan HUT RI

Elahan.com, Hari peringatan kemerdekaan Indonesia selalu menjadi momen yang paling ditunggu oleh setiap masyarakat Indonesia karena selain bisa menyaksikan pengibaran bendera merah putih di Istana Negara, banyak juga yang menunggu perlombaan seru yang biasa di adakan di lingkungan rumah, sekolah, bahkan di tempat kerja.

Peringatan 17 Agustus memang selalu dilakukan setiap tahunnya, hal ini dilakukan tentu dengan tujuan agar semangat nasionalisme dan jiwa patriot selalu dimiliki oleh setiap rakyat Indonesia dari generasi ke generasi. Lomba-lomba yang biasa dilakukan pun menjadi salah satu bentuk kegembiraan atas kemerdekaan Indonesia. Di masing-masing daerah pasti memiliki caranya sendiri dalam mengadakan lomba saat perayaan HUT RI. Berikut sejumlah kegiatan lomba unik yang bisa menjadi inspirasi untuk 17-an:

Sepak Bola Sarung

Sepak bola telah menjadi olahraga populer dan menjadi perlombaan yang paling sering diadakan apalagi ketika 17 Agustus. Hal menarik yang bisa ditambahkan ketika mengadakan perlombaan ini adalah dengan memberikan tambahan tantangan berupa bermain sepak bola dengan menggunakan sarung. Sepak bola sarung ini ternyata juga menjadi perlombaan tahunan yang sering di adakan di Makassar lho. Mudah, seru, dan anti mainstream bukan perlombaan ini. Anda harus coba!

Lomba Makan Pedas

Makan makanan pedas kini sedang diminati oleh banyak orang termasuk kaum milenial, hal ini bisa menjadi inspirasi untuk Anda yang ingin lomba dengan teman-teman. Persiapannya mudah dan tidak ribet.

Lomba Estafet Air

Belakangan ini jenis perlombaan ini banyak muncul di sosial media karena dianggap menyenangkan dan seru. Namanya lomba estafet air. Lomba unik ini dilakukan aturan memindahkan air dengan menggunakan sendok, sedotan, mangkuk kecil, atau dengan tangan kosong. Dijamin lomba ini akan seru dan bisa membangun kedekatan antar warga se-RT.

Lomba Mengupas dan Mengiris Bawang

Kegiatan ini bisa menjadi salah satu inspirasi lomba di sekitar rumah mu. Mengiris bawang merupakan salah satu tantangan terbesar karena jika terlalu lama dilakukan mata cenderung akan perih dan berair seperti orang sedang menangis, jika sudah tidak kuat maka orang tersebut akan berhenti karena tidak kuat. Ide ini mungkin bisa Anda terapkan, namun tetap berhati-hati ya.

Membuat Wayang dari Daun Singkong

Selain untuk seru-seruan perlombaan ketika 17 Agustus juga harus syarat akan makna. Salah satunya adalah membuat boneka wayang dari daun singkong. Kegiatan ini bagus untuk anak-anak karena bisa meningkatkan kreativitas anak. Selain itu juga bisa memberikan edukasi keterampilan kepada anak-anak generasi baru agar mereka mengenal permainan tradisional yang dikenal oleh anak-anak generasi 90-an.

Lomba Engrang

Permainan tradisional asal Indonesia ini sudah mulai pudar keberadaannya, tak ada salahnya menghidupkan kembali melalui perlombaan 17-an di daerah tempat Anda tinggal. Permainan ini di berbagai daerah memiliki namanya masing-masing. Seperti di Bengkulu disebut dengan Ingkau yang berarti sepatu bambu, di Sumatera Barat disebut dengan Tengkak-tengkak. Lampung menyebut permainan ini dengan nama Engrang yang memiliki arti terompah pancung yang terbuat dari pohon bambu bulat panjang, dan berbagai banyak sebutan lainnya di berbagai daerah di Indonesia.

Menggambar Dengan Mata Tertutup

Lomba ini cukup menarik dan terutama untuk anak-anak. Menggambar dengan mata tertutup, alat menggambarnya bisa menggunakan krayon, pensil warna, atau cat air. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga bisa meningkatkan daya motorik anak-anak yang ikut serta meningkatkan kratifitas anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here