Luhut Katakan Prabowo Senang Kerja Bareng dengan Jokowi

0
30
Prabowo
Luhut Katakan Prabowo Senang Kerja Bareng dengan Jokowi

elahan.com, Menteri Prabowo menyatakan senang bekerjasama di periode kedua kepemimpinan Jokowi. Hal itu disampaikan oleh Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut menceritakan perbincangannya dengan Menteri Pertahanan mengenai rasanya bekerja sebagai Menteri pembantu Jokowi.

“Saya bertemu dengan Pak Prabowo kemarin pagi, dia bilang ke saya, enak kerja sama dengan Pak Jokowi, tidak minta apa-apa. Pokoknya jangan ada yang korupsi,” ujar Luhut di kantor Kementan, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

Gaya kepemimpinan Jokowi yang memberikan teladan juga yang membuat Luhut Pandjaitan betah selama kerja bareng selama 6 tahun. “Beliau kasih contoh, enggak ada yang bisa main-main,” kata Luhut. Hal itu juga yang dirasakan oleh Mantan Calon Presiden, Prabowo Subianto yang menyebut Jokowi tidak neko-neko.

Seperti diketahui, Prabowo sudah dua kali menjadi pesaing Jokowi di tiap gelaran pilpres. Pada tahun 2014 dia menggandeng Hatta Rajasa melawan pasangan Jokowi-Jusuf Kalla. Lalu pada putaran selanjutnya di pemilu 2019, ia kembali jadi saingan Jokowi dengan menggandeng Wakil Gubernur DKI Jakarta saat itu, Sandiaga Salahuddin Uno.

Kenyataan pahit kembali ditelan, ia kalah dengan Jokowi yang menggandeng Maruf Amin sebagai wakil. Usai pilpres, Jokowi mengajak rival pilpresnya bergabung dengan Kabinet Indonesia Maju. Jokowi memberikan kursi Menteri Pertahanan kepadanya.

Mneurut Luhut, dirinya mengakui bahwa Prabowo adalah sosok yang memiliki sikap ksatria. Hal itu karena ia mau mengakui kehebatan orang lain yang pernah berbeda pendapat. Dia sepakat, perbedaan tidak perlu berujung dengan saling membenci. “Perbedaan itu wajar tapi tidak perlu bermusuhan apalagi jadi membenci,” tutur Luhut.

Kepada Prabowo dia berpesan, para menteri Jokowi memang diberikan kebebasan untuk memperbaiki dan meningkatkan tiap lembaga yang dipercayakan. Menteri bisa melakukan apa saja selain bertindak korupsi dan merugikan rakyat.

Dengan sapaan akrab, Luhut pun menjawab kesan Prabowo dengan meminta meneruskan pekerjaannya. “Saya bilang,’Wo kamu terusin saja’,” pesan Luhut kepada Prabowo. Luhut mengakui saat berbincang secara personal memang tidak menggunakan sapaan formal.  “Kami tidak pakai panggilan ‘Pak’ karena dia adik angkatan saya. Di publik saja kita pakai ‘Pak’,” ujarnya.

Beberapa Menteri Jokowi memang berlanjut dari periode sebelumnya. Namun ada pula jajaran Menteri yang digantikan posisinya oleh yang lain. Jokowi berusaha menempatkan para Menterinya dengan posisi yang sesuai dengan skill yang dimiliki. Salah satunya mengajak rivalnya di Pilpres 2014 dan 2019 Prabowo Subianto menduduki kursi Menteri Pertahanan RI saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here