Mahfud MD Beri Tanggapan Soal Doa Neno Warisman

0
34
Mahfud MD
Mahfud MD (istimewa)

elahan.com – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD beri tanggapan terkait doa yang disampaikan Neno Warisman, Minggu (24/2/2019).

Guru Besar Fakultas Hukum UII tersebut beri tanggapan setelah ada netter yang bertanya kepadanya melaui akun Twitter milik Mahfud MD, @mohmahfudmd.

“Slmt Petang Prof. Prof saya mau nanya ttg puisi ato doa neno warisma apakah itu dibolehkan dlm agama prof. Mksh prof smoga sehat selalu,” tanya seorang netter.

Mahfud MD kemudian memberikan jawaban, Tuhan bisa mendengar doa apa saja, tetapi manusia bisa menilai motif dia dari lahiriyahnya. Mahfud juga mengutip hadis Nabi Muhammad SAW yang memiliki makna, “Kita menilai berdasar apa yang tampak, tetapi Allah menghakimi yang sejatinya.”

Maka dari itu, kita tidak bisa melarang siapa pun untuk berdoa seperti apa pun.

“Tuhan bisa mendengar doa apa saja.

Tapi manusia bisa menilai motif doa dari lingkungan lahiriyahnya.

“Nahnu Nahkumu bil dzawahir, wallah yahkumu bil bawathin”.

Kita bisa menilai secara lahir, tapi Allah yang menentukan maqbul atau tidaknya.

Kita tidak bisa melarang orang mau berdoa apa pun,” jawaban dari Mahfud MD.

Sementara itu, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla mengatakan puisi yang diucapkan dalam acara Munajat 212 tersebut adalah bentuk dari kampanye keliru. Hal tersebut disampaikan olehnya usai menghadiri acara Forum Silaturahmi Gawagis Nusantara di Hotel Wyndham Surabaya, Sabtu (23/2/2019).

Jusuf Kalla mengatakan, lebih baik menggunakan metode kampanye yang benar. Apalagi, puisi yang disampaikan Neno Warisman berisi cukup keras dan menyinggung masalah agama.

“Saya rasa keliru, ya namanya kampanye, tapi kampanyenya yang keliru,” kata Jusuf Kalla.

Selain itu, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan juga menanggapi puisi yang disampaikan Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno itu.

“Saya pikir ya tidak benarlah berdoa mengancam Tuhan,” ucap Luhut Binsar Pandjaitan.

Puisi yang dibacakan oleh Neno Warisman pada Kamis (21/2/2019) lalu memang menjadi perhatian banyak orang. Bahkan Penyanyi Dangdut Inul Daratista dan pembawa acara Nikita Mirzani juga ikut berkomentar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here