Makna Logo HUT RI Ke-74 : SDM Unggul Indonesia Maju

0
5
logo HUT RI Ke-74
logo HUT RI Ke-74

Elahan.com, Jelang HUT RI Sekertariat Negara (Setneg) mengumumkan logo HUT RI ke-74 yang jatuh pada Sabtu 17 Agustus 2019 esok. Logo yang berlatar warna putih dan font berwarna merah ini merepresentasikan bendera Indonesia serta angka 74 yang terlihat simple. Desain logo kali ini terbilang cukup minimalis namun dengan makna mendalam.

Dilansir dari unggahan akun Twitter @KemensetnegRI pada 24 Juli 2019 lalu yang membagikan desain terbaru logo HUT RI ke-74. Terlihat jenis huruf yang digunakan untuk logo ini merupakan Monstreat dan Palaquin, serta angka 7 digambarkan menempel dengan angka 4 dan terlihatlah bentuk garis yang menyerupai petir.

Pembuatan logo ini tentu memiliki filosofinya sendiri. Ricki Pesik selaku Wakil Kepala BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) mengatakan proses pembuatan logo ini melalui proses yang panjang. Adanya keterlibatan awal BEKRAF dalam pembuatan logo untuk HUT RI ini berawal dari 4 tahun lalu usai perayaan HUT RI ke-70. Pihaknya menilai proses yang ada soal pembuatan identitas kurang tepat, sehingga kemudian BEKRAF mengusulkan ke Setneg untuk dibantu oleh Badan Ekonomi Kreatif.

Bima Surya Pamila merupakan desainer dari Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) asal Yogyakarta. Ia mengikuti sayembara pembuatan logo HUT RI ke-74 ini dan hasil karyanya dipilih dari yang terbaik oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan AGDI. Logo HUT RI ke-74 ini mengatakan jika logo yang dibuatnya ini berdasarkan filosofi semangat perstuan. Ternyata Bima memiliki motivasi untuk menyampaikan pesan persatuan melalui logo ini. Angka 7 dan 4 yang terdapat dalam logo ini adalah suatu bentuk kesatuan, selain itu kedua angka ini memiliki makna lain yaitu ‘Kita’ bukan aku dan kamu. Pesan persatuan inilah yang ingin ditunjukan oleh sang desainer untuk seluruh rakyat Indonesia.

makna logo HUT RI ke-74.

Pada angka 7 dan penyambung dengan angka 4 terdapat garis elavasi yang melambangkan visi untuk selalu menjadi yang terbaik serta garis yang bergerak ke kanan melambangkan pergerakan ke arah yang lebih baik. Garis petir juga terlihat di angka 7 dan 4 yang melambangkan gerak, kerja, dan enegri yang bisa menginspirasi dari atas ke bawah atau seluruh kalangan. Bima pun melanjutkan penjelasannya mengenai warna merah yang diterapkan dalam logo HUT RI ke-74 ini dianggap lebih matang dari logo sebelumnya, warna ini melambangkan kedewasaan dan kebijaksanaan. Sedangkan untuk warna putih yang menjadi latar logo melambangkan keihlasan dalam bekerja.

Hal menarik lainnya dari logo terbaru ini adalah semboyannya yaitu SDM Unggul Indonesia Maju. Semboyan ini menggambarkan visi dan misi pemerintah Indonesia yang ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusianya dan prioritas utama di tahun ini adalah kualitas SDM yang unggul serta terkonsolidasi dengan baik. Penguatan SDM menjadi manusia yang unggu memiliki hubungan dengan peningkatan produktivitas kerja. Tema awal dari logo ini tadinya ‘Menuju Manusia Unggul’ namun akhirnya diubah menjadi SDM Unggul Indonesia Maju.

Di tengah gejolak ekonomi seperti sekarang ini tentu akan sangat berguna agar SDM Indonesia dapat bersaing secara ketat. Masyarakat Indonesia yang dituntut untuk konsisten menaikan anga pertumbuhan ekonomi. Maka, strategi pembangunan dan peningkatan kualitas SD yang baik menjadi fokus utama dari bangsa Indonesia di tahun ini. Nantinya masyarakat Indonesia bisa menjadi sumber daya manusia yang terampil dan unggul serta mampu berkontribusi membangun bangsa. Dengan Indonesia siap untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here