Ma’ruf Amin Menyatakan Siap Hadapi Debat Capres Pertama 2019

0
128
Ma'ruf Amin (istimewa)
Ma'ruf Amin (istimewa)

Elahan.com – Ma’ruf Amin telah mempersiapkan diri untuk menghadapi debat capres pertama 2019. Pembekalan materi-materi telah diberikan oleh para pakar dari timses Jokowi – Ma’ruf Amin.

“Ya tadi tim materi debat datang, mereka memberikan semacam masukan tentang persiapan debat yang akan datang. Karena itu saya dan Pak Jokowi siap untuk mengikuti debat,” ujar Ma’ruf.

Walaupun dirinya tidak pernah ikut dalam debat ajang kontestasi politik. Namun, ia mengaku sering mengikuti debat dalam topik bahasan yang berbeda.

“saya kira, karena itu bagian dari aturan main yang sudah ditetapkan KPU, maka kita harus mempersiapkan diri. Saya tentu sebagai calon wakil presiden sudah siap untuk mengikuti debat,” ujar ma’ruf Amin.

Cawapres nomor urut 01 itu menyatakan akan menggelar simulasi debat bersama dengan Capres Jokowi. Namun Ma’ruf Amin belum memberi tahu kapan simulasi debat tersebut akan digelar.

“Kita akan melakukan simulasi juga (bersama Jokowi), pendalaman juga,” Ujar beliau.

Debat capres pertama 2019 akan digelar pada 17 Januari 2019. Debat tersebut mengusung tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. KPU akan menggunakan metode ‘bocoran’.

Dimana seminggu sebelum debat digelar, KPU akan memberi tahu 20 pertanyaan kepada dua paslon. Kemudian hanya 3 pertanyaan yang akan diajukan secara acak.

“Ada 20 pertanyaan, padahal sebenarnya yang ditanyakan masing-masing cuma 3. karena ada 3 segmen yang dipertanyakan oleh moderator. Tapi 3 pertanyaan itu mereka belum tahu, tapi mereka sudah mempersiapkan.” Kata Arief

Cawapres nomor urut 01 tersebut menanggapi keputusan KPU. Ma’ruf menilai dengan adanya kisi-kisi tersebut akan lebih memudahkan, daripada tidak ada sama sekali.

“Dimudahkan juga tidak, sebab kan nanti pertanyaannya banyak, siapa yang untuk kita, yang mana untuk pasangan yang lain, kita juga belum tahu,” kata Ma’ruf di rumahnya, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (6/1/2019).

“Cuma memang lebih mudah dibanding tidak ada sama sekali. Tapi juga tidak terlalu mudah karena belum ini pertanyaan untuk paslon 01 ini (nomor) 1, 2, 3. Tidak begitu,” lanjutnya.

Cawapres nomor urut 01 itu juga menyatakan akan lebih sering bertemu dengan Jokowi. Hal tersebut tentu untuk mematangkan persiapan jelang debat pertama digelar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here