Ma’ruf Amin Optimis Menang Dengan Dukungan 3 Kiai Besar

0
71
Ma'ruf Amin
Ma'ruf Amin (istimewa)

elahan.com – Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma’ruf Amin mengunjungi tiga pesantren di Cirebon. Pertama, pondok pesantren Babakan Ciwaringin, pondok pesantren Kempek, dan terakhir ke pondok pesantren Buntet, Senin (24/2/2019).

Menurut Ma’ruf, tiga pondok pesantren tersebut memiliki pengaruh besar. Tidak hanya wilayah Cirebon, tapi juga seluruh Jawa Barat. Dengan dukungan para kiai besar tersebut menambah rasa optimis untuk menang di Jawa Barat.

“Ketiga ulama di tiga ponpes ini kompak, solid mendukung Jokowi-Amin maka tidak ada masalah. Bahkan dampakanya tidak hanya di Cirebon, tapi di seluruh Jabar karena alumninya tersebar dimana-mana,” ucap Ma’ruf usai berkunjung di pondok pesantren Buntet, Jawa Barat, Senin (25/2/2019).

Saat di pondok pesantren Buntet, Ma’ruf berbincag dengan KH Hasanudin Kriyani dan KH Adib Rofiudin. Ketua MUI tersebut meyakinkan keduanya alasan menempuh jalur struktural dengan menjadi cawapres.

“Saya jelaskan kenapa saya mau jadi cawapres, ingin menjaga kerukunan tidak hanya jalur kulturan di NU, MUI tapi juga lewat struktural bersama Jokowi,” ucap Ma’ruf.

Kiai Adib menyatakan bahwa pihaknya telah siap mendukung petahan Jokowi sejak menunjuk Ma’ruf Amin sebagai cawapres. Dukungan tersebut dengan alasan memiliki visi yang sama yaitu menjaga keutuhan NKRI.

“Karena kami dari NU selalu kawal NKRI. Ternyata kiai Ma’ruf dipilih Jokowi untuk mendampinginya. Kami jadi tidak ragu-ragu lagi,” ucap Kiai Adib.

Adib juga menyatakan akan memberikan dukungan secara moral dan menggerakkan santri alumni pondok pesantren asuhannya untuk memenangkan paslon Jokowi-Ma’ruf. Termasuk juga untuk menangkal hoaks yang sering menyerang Jokowi.

“Kami para alumni ada yang mampu membuat penangkal hoaks lewat pengajian. Yang paling efektif ya lewat pengajian karena alumni kami banyak yang jadi ulama. Insya Allah tidak begitu berpengaruh, sudah kebal,” ucap Adib.

Kemudian Ma’ruf Amin pun menerima dukungan dari kiai tersebut. Menurutnya, sudah banyak gerakan di bawah untuk menenangkan paslon Jokowi-Ma’ruf.

“Tapi saya minta sudah mendukung dan kemudian gerakan-gerakan masif di wilayah masing-masing. Padahal ini baru ketemu secara fisik, tapi komunikasi jarak jauh jalan bukannya nunggu ketemu dulu,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here