Mengenal Asian Para Games 2018, Indonesia Terima Kehormatan Jadi Tuan Rumah.

0
72
Asian Para Games ke 3
Indonesia Tuan Rumah Asian Para Games 2018

Elahan.com, Ini adalah yang Asian Para Games ke-3 yang akan digelar. Indonesia mendapatkan kehormatan ditunjuk sebagai tuan rumah. Pertama Kalinya perhelatan olahraga ini dilaksanakan di Asia tenggara.

Besar kemungkinan bahwa banyak yang merasa asing dengan nama perhelatan olahraga ini. Termasuk Indonesia yang baru saja sukses menggelar pesta olahrga Asian Games 2018. Rencananya akan dibuka per 5 september yang akan datang. Hal ini menyita perhatian publik tentang keberlangsungannya.

Pertama kali diadakan pada tahun 2010 di Guangzhou dan kedua pada tahun 2014 di Incheon, Korea Selatan. Indonesia kembali dipercaya sebagai penyelenggara satu dari sekian ajang bergengsi

Indonesia kembali melakukan persiapan untuk menjadi tuan rumah. Perhelatan olahraga bagi penyandang disablilitas se-Asia, yang dikenal dengan nama Asian Para Games 2018 (APG). Perhelatan olahraga ini akan diselenggarakan pada 6- 13 Oktober 2018 di Jakarta.

Participant APG 2018 akan diikuti oleh 41 negara  National Para Olimpic dengan total jumlah atlet sebanyak 2.800 orang, 1.800 orang official, dan diliput oleh 500 media baik dalam maupun luar negeri.

Menjelang pelaksanaan keseluruhan acara, pembukaan APG yang dilakukan mulai 5 September nanti mencakup adanya Torch Relay Parade dan Paralympian Festival di beberapa kota di Indonesia, yaitu:

  1. Mrapen, Grobogan dan Solo pada 5 September.
  2. Ternate pada 9 September.
  3. Makassar pada 12 September.
  4. Denpasar pada 16 September.
  5. Pontianak pada 19 September.
  6. Medan pada 23 September.
  7. Pangkal Pinang pada 26 September.
  8. DKI Jakarta pada 30 September.

Mengusung tema “The Inspiring Spirit and Energy of Asia”. Tema ini merupakan nilai paralympic yakni determination, courage, equality, dan inspiration. Nilai-nilai ini diharapkan mampu membakar semangat. Pada APG kali ini Elang bondol menjadi pilihan mascot. Nama MoMo merupakan akronim dari “Motivation and Mobility”.

Pada pembukaan dan penutupan Asian Games baik telah menciptakan standar Euforia yang sangat tinggi. Hal ini pastinya mampu dipahami, mengingat Asian Games 2018 harus mampu memompa semangat. Namun, Pada Asian Para Games kali ini Indonesia akan lebih fokus memberikan sentuhan humanis dan sisi kemanusian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here