Menjelang Pilkada 2020 Ma’ruf Amin Himbau Tidak Ada Perpecahan

0
29
Pilkada 2020
Menjelang Pilkada 2020 Ma’ruf Amin Himbau Tidak Ada Perpecahan

elahan.com, Menjelang Pilkada 2020, Wakil Presiden Ma’ruf Amin membuka peluncuran Indeks Kerawanan Pilkada (IKP) 2020. Ma’ruf minta agar pilkada tahun ini tidak menjadi sumber perpecahan. Ia menghimbau agar semua masyarakat harus bias saling menghargai perpecahan.

“Pemilu jangan menjadi sumber perpecahan dan melahirkan permusuhan, dan membuat suasana tidak kondusif. Bahkan membuat adanya persengketaan, dan permusuhan di antara sesama kita. Saya sering mengatakan bahwa perbedaan itu adalah sesuatu yang harus dihormati,” tuturnya di Redtop, Jl Pencenongan, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020).

Ma’ruf Amin mengatakan, menghormati perbedaan bukan hanya terkait agama. Namun juga terkait perbedaan pilihan, baik partai hingga capres. Perbedaan agama tidak boleh dijadikan permusuhan. Begitu pula dengan perbedaan partai, jangan dijadikan hal untuk saling membenci.

“Lakuum dinukum waliyadin, bagimu agamamu, bagiku agamaku. Kalau berbeda partai juga kita tidak boleh bermusuhan, lakuum partaiukum wa lana partaiukum, partai saya, partai saya,” kata Ma’ruf.

“Berbeda capres juga begitu, lakuum capresikum walana capresuna. Sebagai sesama bangsa kita tetap bersaudara. Juga perbedaan Bupati, Gubernur juga seharusnya tidak menjadikan sumber perpecahan, karena itu kita harus melakukannya dengan jujur,” sambungnya.

Mantan Ketua MUI itu  juga meminta, agar pilkada tidak dicederai dengan adanya politik uang atau money politics. Maupun ujaran kebencian seperti hatespeech, hoax hingga SARA.

“Jangan sampai pemilu ini dicederai dengan seperti yang tadi dijelaskan, adanya money politics atau bahasa anak-anak bilang itu jangan ada NPWP, ‘nomor piro wani piro’,” ujar Ma’ruf.

Menjelang Pilkada 2020 Ma’ruf Amin juga menyinggung soal kemungkinan adanya politisasi SARA. “Jangan ada ujaran kebencian, jangan ada hoaks di antara kita. Jangan sampai melakukan hal-hal yang merusak, jangan juga mempolitisasi SARA,” kata Ma’ruf.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here