Menjelang Ramadan, Berikut Bisnis yang Bisa Kamu Coba

0
42
Usaha catering cocok dijalankan selama bulan ramadan
Usaha catering cocok dijalankan selama bulan ramadan

Elahan.com, Memanfaatkan momen puasa dengan mencuri peluang bisnis di bulan ramadan tentu adalah hal yang menguntungkan. Tidak hanya fokus beribadah, tetapi kamu juga bisa mendapat keuntungan untuk menambah penghasilan.

Bisnis ini bisa kamu jalankan mulai dari bulan puasa hingga lebaran tiba. Namun, peluang usaha ini sifatnya musiman dan hanya akan menjadi trend di bulan puasa hingga hari raya saja. Lalu, apa saja bisnis di bulan puasa yang bisa kamu jalani?

Jualan hidangan berbuka puasa

Bisnis takjil bisa kamu coba selama bulan ramadan
Bisnis takjil bisa kamu coba selama bulan ramadan

Bulan puasa memang identik dengan berbuka yang lekat dengan takjil. Peluang bisnis berjualan hidangan berbuka puasa tentu sangat besar mengingat makanan ini akan diserbu pembeli ketika menjleang waktu berbuka. Apalagi lokasi berjualannya di daerah yang mayoritas masyarakatnya muslim.

Berjualan takjil bisa menjadi ide bisnis sampingan kamu yang tentu saja menguntungkan karena menjadi kebutuhan masyarakat yang sedang berpuasa. Kamu juga tidak perlu menyewa kios atau warung, cukup dengan memanfaatkan teras rumah atau menjajakannya di pinggir jalan.

Modalnya juga tidak butuh banyak, cukup dengan 500 ribu saja kamu bisa memulai bisnis menu takjil yang murah. Yang penting takjil kamu lairs diserbu pembeli.

Jualan kue kering

Bulan ramadan juga waktunya bagi umat Islam untuk mempersiapkan segala kebutuhan untuk hari raya. Salah satunya camilan atau kue kering khas lebaran. Ini merupakan tradisi yang tidak bisa dihilangkan, sehingga bisa kamu manfaatkan untuk mencari keuntungan. Tidak heran ketika bulan puasa permintaan akan kue kering akan semakain meningkat.

Jika kamu ahli membuat kue kering untuk lebaran, kamu bisa memanfaatkan momen ini untuk menjalankan bisnis di bulan puasa. Kamu bisa berkreasi membuat jajanan kue yang lucu dan enak untuk dihidangkan di hari kemenangan.

Menjual Perlengkapan Ibadah

Bulan suci ramadan adalah bulan yang mulia. Seluruh umat muslim memanfaatkan satu bulan penuh ini untuk memperbanyak ibadah. Mereka akan terpengaruh untuk membeli perlengkapan baru agar lebih bersemangat untuk melaksanakan ibadah. Tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga perlengkapan ibadah untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan.

Mukena, peci, kain sarung, sajadah, dan lainnya akan laris dan cocok untuk dijadikan bisnis di bulan ramadan. Ibadah di bulan puasa lancar, keuntungan juga lancar.

Membuka Usaha Catering

Bisnis catering juga menguntungkan untuk dijalani selama bulan puasa. Catering di bulan puasa akan dilirik orang-orang yang tidak sempat menyiapkan makanan karena sibuk bekerja. Mereka akan lebih memilih memesan makanan lewat jada catering untuk berbuka dan sahur. Peluang ini bisa kamu tangkap sebagai bisnis di bulan puasa. Kamu bisa menambah penghasilan dengan menjual makanan yang siap saji sekaligus jasa antar. Wah, layak untuk dicoba.

Membuat parcel

Parcel adalah barang yang akan banyak dijumpai menjelang hari lebaran. Tradisi mengirimkan parcel ini sudah biasa di tengah kalangan masyarakat. Parcel bisa dikirimkan kepada teman, sahabat, kerabat, dan keluarga. Buat kamu yanng punya kreativitas tinggi dan punya jiwa seni bisa mencoba dekorasi parcel ini untuk jadi peluang bisnis. Usaha ini akan menguntungkan di bulan puasa.

Setiap parcel memiliki modal dan harga yang berbeda-beda tergantung isi parcel itu sendiri. Kamu juga bisa menerima jasa merakit parcel saja. Tetapi kamu harus tetap merakit parcel yang memiliki kualitas terbaik. Jangan sampai kepercayaan konsumen hilang hanya karena ingin mendapatkan untung yang banyak.

Usaha Rental Mobil

Bisnis sewa mobil bisa kamu coba selama ramadan hingga musim mudik
Bisnis sewa mobil bisa kamu coba selama ramadan hingga musim mudik

Memasuki lebaran tentu kamu akan sangat akrab dengan musim mudik. Mudik merupakan tradisi masyarakat yang berada di ranta untuk pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga.

Angkutan umum di musim mudik akan penuh oleh mereka yang akan melakukan perjalanan pulang. Sebagian orang akan memilih untuk menyewa mobil agar perjalanan mudiknya lancar. Inilah momen yang baik untuk bisnis jasa penyewaan mobil. Jika hari biasa sewa mobil dipatok Rp 300 ribu per hari, di momen lebaran kamu bisa meletakkan tarif hingga Rp 500 ribu. Tergantung jenis mobil yang kamu sewakan.

Tentu masih banyak bisnis di bulan ramadan yang bisa kamu coba. Carilah bisnis yang punya peluang besar tetapi tidak mengganggu kelancaran ibadah kamu. Pilih juga ibadah yang tidak menimbulkan dosa hanya karena ingin mendapatkan keuntungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here