Menteri Terawan Ikut KTT ASEAN Bersama Presiden Jokowi

0
12
Terawan
Menteri Terawan Ikut KTT ASEAN Bersama Presiden Jokowi

elahan.com, Saat mengikuti KTT ASEAN Khusus Tentang COVID-19, terlihat Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto duduk di belakang Presiden Joko Widodo. KTT ASEAN itu sendiri dilakukan secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa, 14 April 2020.

Sejak tugas terkait penanganan Corona di Indonesia diserahkan ke Achmad Yurianto, nyaris di banyak kesempatan jarang terlihat keterlibata Menteri Kesehatan. Bahkan, saat Jokowi mengumumkan diberlakukannya PSBB, sosok Dokter Terawan tak terlihat ada di sampingnya.

Menurut Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan ( Kemenkes), Widyawati, Menkes Terawan saat ini dalam keadaan baik-baik saja. Tak ada gangguan dalam kesehatannya. “Ada kok Bapak (Menkes). Sehat alhamdulillah,” ucap Widyawati, Rabu (1/4/2020).

Sementara itu, Jaya Sumarjaya selaku Tata Usaha Menkes yang setiap hari menemani Terawan, mengaku atasannya itu dalam kondisi baik. “Alhamdulillah Bapak (Menkes) sehat, Pak. Bapak kan kerja terus. Kita kan enggak bisa ini lagi,” kata Jaya.

“Terus terang aja kita ini siang malam, Sabtu-Minggu enggak menentu. Jadi kita bekerja terus,” lanjutnya.

Jaya mengungkapkan, keseharian Menkes masih seperti biasa. Ia sering rapat dengan kabinet dan juga melakukan kunjungan ke beberapa rumah sakit. “Kadang ke BNPB, kadang ngecek rumah sakit kesiapan. Kadang rapat di kantor,” jelasnya.

Jokowi mengikuti KTT ASEAN Khusus Tentang Covid-19 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor. Dalam kesempatan itu, dia mendorong negara-negara ASEAN untuk bersatu, bersinergi, dan berkolaborasi untuk melawan pandemi virus Corona atau Covid-19.

“Kita tidak punya pilihan, kecuali menang melawan virus ini. Bersatu, bersinergi dan berkolaborasi adalah jawabannya,” kata Jokowi di Istana Bogor, Selasa (14/4/2020).

Jokowi menjelaskan, saat ini Corona sudah jadi musuh dunia. Dia juga mengatakan, ekonomi kawasan ASEAN diprediksi hanya akan tumbuh sekitar 1 persen di tahun ini. Oleh sebab itu, Jokowi pun menyampaikan empat pandangannya terkait penanganan Covid-19 . Dalam KTT ASEAN tersebut Menteri Terawan ikut hadir bersama Presiden.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here