Momen Unik HUT RI 2019, Atraksi Jet Tempur TNI AU Hingga Penampilan Cicit WR Soepratman

0
37
HUT RI 2019
HUT RI 2019

Elahan.com, Membahas soal acara menyambut kemerdekaan RI memang tidak ada habisnya. Mulai dari perlombaan seru, upacara bendera dengan konsep yang unik, hingga acara lainnya yang membuat perayaan kemerdekaan RI terasa menyenangkan dan penuh kesan. Upacara menyambut kemerdekaan RI juga tidak kalah menyita perhatian. Berikut beberapa momen unik HUT RI 2019 di Istana Negara :

Hadir Dengan Baju Adat

Pada upacara peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera merah putih di Istana negara diwarnai dengan berbagai macam pakaian adat dari seluruh Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) berserta sejumlah tokoh mengenakan pakaian adat.

Jokowi dan para pemimpin lembaga pemerintahan lainnta terlihat mengenakan baju adat yang berbeda-beda dan para tamu undangan yang hadir pun tak luput mengenakan pakaian khas daerah di berbagai Indonesia.Selain itu, sejumlah Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) terlihat mengenakan pakaian adat yang salah satunya mengenakan pakaian khas dari suku Dayak.

Pada HUT RI 2019 kali ini, Presiden Jokowi mengenakan pakaian adat khas dari Bali sedangnya sang istri Bu Iriana mengenakan pakaian khas dari Tapanuli Utara. Untuk Pak Jusuf Kalla dan sang istri Mufida Kalla terlihat serasi mengenakan pakaian adat khas Aceh.

Sebenarnya sejak tahun 2018, penggunaan pakaian adat telah ada pada Peraturan Presiden nomor 71 soal tata pakaian ketika acara kenegaraan dan acara resmi. DI tahun 2018 Presiden Jokowi telah mengenakan pakaian adat ketika menghadiri acara peringatan peringatan kemerdekaan Indonesia di Istana Negara.

14 Jet Tempur TNI AU Beri Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia

Peringtan hari kemerdekaan RI di Istana Negara iktu dimeriahkan oleh atraksi 14 pesawat jet temput milik TNI Angkatan Udara yang melintas di atas kompleks Istana Kepresidenan. Acara peringatan kemerdekaan RI menjadi istimewa karena adanya atraksi pesawat jet TNI AU.

Usai rombongan Paskibraka meninggalkan halaman depan Istana, pembawa acara kemudian menginformasikan bahwa pesawat tempur akan melintas. Pesawat pun melintas, semua tamu yang berada di lokasi melihat ke atas, kemudian ketika langit masih sepi terderngat suara dari salah satu pilot pesawat tempur yang mengucapkan selamat hari kemerdekaan Indonesia ke-74 dari para awak pesawat tempur TNI AU, sembari mengucapkan semboyan HUT RI tahun ini yaitu SDM Unggu Indonesia Maju.

Jokowi Salami Komandan Upacara dan Memberikan Ucapan Selamat

Momen menarik lainnya yaitu ketika Presiden Jokowi mendatangi secara langsung Komandan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu Kolonel Laut (P) Hariyono Poernomo SE MM.

Aksi Jokowi ini menyita perhatian para tamu undangan dan peserta upacara yang disambut dengan tepuk tangan meriah. Momen ini bermula ketika upacara telah selesai diselenggarakan. Ketika itu tamu undangan beserta peserta upacara telah berdiri karena Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla akan meninggalkan lokasi upacara.

Kemudian, Jokowi memilih turun dari podium dan mendatangi sejumlah tamu dan usai bersalaman Ia pun menghampiri sang komandan upacara dan mengajaknya bersalaman.

Cicit WR Soepratman Pada HUT RI Ke-74

Cicit WR Soepratman Menyanyikan Lagu Tanah Airku Pada HUT RI 2019 di Istana Negara.

Suara indah dan merdu menghiasi acara HUT RI Ke-74 di Istana Negara. Di dalam rangkaian upacara peringatan detik-detik proklamasi di Istana Negara terlihat sesosok perempuan yang sangat mencuri perhatian. Andrea Putri Turk dengan mengenakan kebaya berwana merah muda Ia dengan merdu membawakan lagu Tanak Airku yang ternyata merupakan cicit dari WR Sopratman, pencipta lagu Indonesia Raya. Ia menyanyikan lagu Tanah Airku dengan merdu dan indah yang mampu menyita perhatian para tamu undangan yang hadir ketika acara peringatan kemerdekaan RI di Istana Negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here