MRT Akan Diuji Kesiapannya Pada Februari 2019

0
67
Mass Rapid Transit atau MRT Jakarta (istimewa)
Mass Rapid Transit atau MRT Jakarta (istimewa)

elahan.com – Mass Rapid Transit (MRT) atau dikenal Ratangga sedang dalam tahap penyelesaian akan diuji coba pada akhir Februari. Saat ini kereta dan infrastrukturnya sedang diuji coba paralel hanya oleh kontraktor.

“Uji coba penuh akan mulai akhir Februari tanggal 26 hingga Maret tanggal 25 dan setelah itu semuanya akan 100 persen siap beroperasi,” ujar Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar di Jakarta, Senin (14/1).

Proses perkembangan Ratangga Fase 1 sudah mencapai 98 persen. Dua persen penyelesaiannya itu meliputi finansial pintu di stasiun, penyelesaian interior dan mekanika elektronik.

“Secara konstruksi sudah siap. Dua persen itu akan kami selesaikan tergetnya 100 persen pada Maret 2019,” ujar William.

Sementara itu, Pemerintah DKI Jakarta belum memutuskan tarif
Ratangga tersebut. “Untuk tarif masih menunggu putusan Pemda DKI, saat ini kami sudah mengusulkan berdasarkan hasil survei kami,” tutur Direktur Utama MRT Jakarta William Sabandar.

Namun, PT MRT telah mengusulkan tarif bedasarkan survei yang dilakukannya. Tarifnya berkisar Rp 8.500 untuk 10 kilometer sudah termasuk boarding Rp 1.500 dan per kilometernya Rp 700.

Mengenai sistem pembayaran Ratangga tersebut, PT MRT telah mencetak tiket untuk sekali jalan maupun perjalanan lebih dari sekali sebanyak 954.000 tiket.

“Kartu dari bank juga bisa digunakan karena memang sistemnya sesuai, namun kami masih menunggu administrasinya terpenuhi di Bank Indonesia (BI) dan termasuk kartu OK Otrip (Jak Lingko) juga bisa digunakan,” tutur William.

PT MRT akan menguji coba sebanyak 16 rangkaian kereta dengan masing-masing terdiri dari enam kereta. Uji coba Ratangga akan dimulai pada pukul 06.00 WIB sampai 22.00 WIB. Willian mengatakan pihaknya sedang menyiapkan rancangan mengenai berapa perjalanan dalam satu hari.

“Kemungkinan besar setiap lima menit sekali saat jam sibuk dan 10 menit saat waktu biasa, tapi nanti dievaluasi lagi saat uji coba,” ujarnya.

Untuk persiapan operasi dan pemeliharaan, sumber daya manusia telah mencapai 83 persen. PT MRT juga akan menambah pegawai lagi sebelum uji coba dimulai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here