Mudik Gratis 2019: Kemenhub Target Angkut 54 Ribu Orang

0
14
Mudik gratis 2019 jalur darat dari Kemenhub
Mudik gratis 2019 jalur darat

Elahan.com, Meskipun lebaran masih beberapa bulan lagi, tetapi Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan program mudik gratis 2019. Akan ada 1.200 bus untuk program mudik tahun ini yang melayani angkutan gratis mudik lebaran. Dengan rincian pembagian, 970 bus untuk arus mudik, dan 230 bus sisanya untuk arus balik.

Dari 970 bus mudik tersebut, akan ada sekitar 43.650 kuota untuk penumpang untuk mudik. Sementara untuk arus balik akan tersedia 10.350 orang kuota. Program mudik gratis 2019 dari Kemenhub ini menargetkan sekitar 54.000 orang, naik jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang berjumlah 44.041 orang pemudik.

Program mudik gratis 2019 jalur darat dari Kemenhub
Program mudik gratis 2019 dari Kemenhub

Untuk keberangkatan penumpang mudik gratis 2019, pemberangkatan dipusatkan di Silang Monas pada Jumat, 31 Mei dan Sabtu, 1 Juni 2019. Titik keberangkatan penumpang juga disebar di beberapa titik, ada di Kantor Pemkab Tangerang, Pakansari Stadium Bogor, dan juga di Lapangan Summarecon Bekasi. Khusus untuk tiga titik ini keberangkatan akan dilaksanakan pada Sabtu, 1 Juni 2019.

Adapun kota-kota yang menjadi tujuan mudik gratis ini adalah Cirebon, Banjarpatoman, Tasikmalaya, Ciamis, Kuningan untuk provinsi Jawa Barat.

Sementara untuk tujuan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta adalah Slawi, Pekalongan, Pemalang, Semarang, Jepara, Kudus, Pati, Demak, Blora, Purwodadi, Tegal, Salatiga, Boyolali, Solo, Sragen, Klaten, Wonogiri, Wonosari, Yogyakarta, Magelang, Temanggung, Wonosobo, Kebumen, Purwokerto, Banjarnegara hingga Cilacap.

Sementara itu, untuk tujuan Jawa Timur ada Madiun, Tuban, Mojokerto, Kediri, Malang, Pacitan. Wilayah Sumatera hanya ada tiga kota tujuan yaitu Lampung, Palembang, Padang.

Tidak cuma bus, tetapi Kemenhub juga menyediakan 100 truk yang dibagi untuk arus mudik dan arus balik dengan rincian 75 truk yang difungsikan untuk mengangkut 2.625 unit sepeda motor saat mudik, dan 25 truk untuk mengangkut 875 motor ketika arus balik.

Buat masyarakat yang ingin mendaftar program mudik gratis ini, bisa langsung ke Kantor Pusat Kementerian Perhubungan yang berlokasi di Jalan Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat. Pendaftaran dilakukan pada saat jam kerja dan jangan lupa membawa persyarata-persyaratan seperti fotokopi KTP dan STNK sepeda motor tentunya. Pendaftaran juga bisa dilakukan melalui website resmi Kemenhub.

Mudik gratis dari kementerian ini tidak hanya di jalur darat saja, tetapi juga menggunakan transportasi jalur laut. Ditejen Perhubungan Darat menyiapkan 3 unit kapal Ro-Ro (roll on roll off) dengan anggaran mencapai Rp 6,1 miliar. Masing-masing kapal Ro-Ro ini punya kapasitas mengangkut 1.000 sepeda motor dan 2.000 penumpang. Adapun rute yang dilayani adalah Jakarta-Lampung, Jakarta-Surabaya, dan Jakarta-Semarang.

Keberangkatan menggunakan Ro-Ro ini akan dilaksanakan serentak mulai H-4 lebaran, tepatnya Sabtu, 1 Juni 2019 nanti. Sedangkan untuk arus balik juga akan dilakukan serentak dari ketiga kota tersebut yang dijadwalkan H+2 lebaran, pada Sabtu, 8 Juni 2019.

Program mudik gratis 2019  ini disebut menghabiskan biaya sebesar Rp 34 miliar, naik Rp 7 miliar dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp 27,6 miliar. Penambahan biaya ini juga membuat adanya penambahan kuota penumpang mudik lebaran. Kota tujuan mudik juga bertambah menjadi 40 kota, lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya menyediakan 32 kota tujuan.

Program mudik gratis 2019 ini menurut Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, memang lebih memfokuskan pada para pemudik yang menggunakan sepeda motor untuk ikut program mudik gratis. Satu keluarga hanya bisa mendaftarkan satu motor dan dua penumpang yang diangkut bus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here