Berita Politik Dunia: Muhamed Mursi, Presiden Sipil Pertama Mesir

0
16
Berita politik dunia Muhamed Mursi
Berita politik dunia Muhamed Mursi

elahan.com, Berita politik dunia belakangan dihebohkan dengan kematian Muhamed Mursi, presiden pertama yang terpilih secara demokratis di Mesir tahun 2012.

Mursi dihukum kurungan penjara karena dinyatakan bersalah memerintahkan penahanan ilegal dan melakukan penyiksaan terhadap demonstran oposisi ketika terjadi bentrok dengan pendukung Ikhwanul Muslimin yang terjadi di luar istana kepresidenan Mesir pada Desember 2012 di Kairo.

Ikhwanul Muslimin merupakan gerakan Islam yang dipimpin Mursi, yang sekarang dlarang oleh pemerintah Mesir. Mursi terilih sebagai presiden setelah memenangi pemilihan umum pertama Mesir pascapemberontakan untuk mengakhiri kekuasaan Hosni Mubarak selama 30 tahun. Mursi juga menjadi presiden pertama dari kalangan sipil.

Namun, insyinyur itu didemo besar-besaran oleh penentangnya karena dianggap tidak fokus menangani masalah ekonomi dan sosial, tetapi sibuk membangun kontrol politik. Beberapa hal yang kontroversial dilakukan Mursi. Seperti ketika Mursi tidak bertindak tegas saat pendukungnya melakukan aksi penyerangan pada kaum Kristen Koptik dan minuritas Syiah, membuat rancangan agar toko-toko tutup pukul 10 malam agar memudahkan warga bangun untuk mengerjakan ibadah solat Subuh.

Mursi juga melantik elite Ikhwanul Muslimin menjadi menteri kebudayaan dan menunjuk tujuah orang dari organisasinya untuk menjabat gubernur di beberapa provinsi. Lalu membentuk Komite Konstituante yang berfungsi menyusun konstitusi negara pada Desember 2012.

Satu tahun masa kepemimpinannya, para penentang Mursi mengorganisir demonstrasi untuk menuntut agar Muhammed Mursi mundur dari jabatannya. Lalu, hanya berselang tiga hari setelahnya, militer bersama Abdul Fattah al-Sisi, yang menjadi presiden saat ini, berhasil menjatuhkan Mursi.

Tidak hanya itu, pihak pemerintah juga melancarkan aksi untuk menumpas pendukung Mursi dan Ikhwanul Muslimin. Pada gerakan penumpasan iniratusan orang terbunuh dan puluhan ribu orang ditahan.

Berita politik dunia muhamed Mursi
Berita politik dunia muhamed Mursi

Berita politik mengenai Muhamed Mursi ini memang menjadi kabar yang menyita perhatian banyak orang di seluruh dunia. Tanpa komunikasi oleh militer sebelumnya, Mursi bersama penasihatnya ditahan sebelum adanya tuntutan dari jaksa.

Awalnya Mursi ditahan di penjara dengan keamanan tingkat tinggi di sebuah penjara di dekat Alexandria sebelum dipindahkan ke Tora yang berada di luar Kairo.

Pada April 2015, Morsi dijatuhi hukuman 20 tahun kerja paksa karena bersalah sudah memerintahkan penahanan ilegal dan menyiksa demonstran oposisi ektika bentrokan melawan Ikhwanul Muslimin (IM) pada Desember 2012.

Kemudian, pada Juni di tahun yang sama, Mursi dijatuhi hukuman penjara selama 25 tahun karena memimpin kelompok yang didirikannya untuk melawan hukum dan memberikan fasilitas bocornya dokumen rahasia ke Qatar.

Jaksa menyebut para pembantu Mursi sudah dibayar 1 juta dolar AS untuk membocorkan dokumen rahasia pada intelijen Qatar dan TV Al Jazeera. Meski dua tahun kemudian Mursi dibebaskan terkait kasus kebocoran dokumen negara. Lalu, Mursi lagi-lagi dijatuhi hukuman tiga tahun penjara pada Desember 2017 karena dinilai menghina pengadilan karena menunjuk hakim saat pidato publik.

Berita politik kematian Mursi menjadi isu hangat yang masih jadi perbincangan. Pasalnya, Mursi tiba-tiba pingsan saat persidangan atas tuduhan espionase lalu meninggal di tempat pada Senin, 17 Juni 2019.

Laki-laki berusia 67 tahun ini dinyatakan meninggal saat tiba di rumah sakit Kairo. Untuk saat ini kematian pemimpin Ikhwanul Muslimin ini masih dalam proses penyelidikan. Pada tubuhnya juga tidak terlihat adanya bekas luka.

Berita politik menyebut banyak yang menuduh bahwa kematian Mursi merupakan ulah pemerintah sebab Mursi juga diperlakukan tidak baik selama di penjara. Kelompok persaudaraan Muslim juga menjagak seluruh warga Mesir untuk melakukan pemakaman nasional untuk Muhamed Mursi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here