Nasdem Didominasi 70 Persen Kader dari Kalangan Muda

0
77
Partai Nasdem
Partai Nasdem (istimewa)

Elahan.com – Ketua Badan Pemenangan Pemilu Nasdem Effendy Choirie mengaku caleg yang diangkat partainya pada Pemilihan Umum 2019 didominasi kader-kader muda.

Effendy Choirie ini mengatakan “Calon legislatif tersebut 70 % muda. Bahkan bila di wilayah mungkin hingga 90 %. Yang tua-tua telah enggak ada, sudah tidak banyak sekali. Seusia saya yang 55 tahun tersebut ya sudah tidak banyak kan, pada lazimnya yang muda. NasDem kan memang hasil survei penggemar NasDem memang tidak sedikit yang muda”

Gus Choi sapaan akrab dari ketua Bappilu ini menambahkan, pada lazimnya generasi lama sudah memiliki pilihan partai. Sehingga lazimnya mereka tidak pindah-pindah partai. Oleh sebab itu, partainya berupaya merangkul kaum muda bahkan yang belum pernah berpartai sekalipun.

“Karena ini tidak sedikit muda, maka di Akademi Bela Negara tersebut usianya yang ikut Aksi Bela Negara tersebut usianya antara 23 tahun sampai 30 tahun. Bahkan tidak sedikit sekali yang belum pernah berpartai,” ungkap Gus Choi.

Partai yang dipimpin Surya Paloh ini mengatakan bahwa  anak muda yang belum pernah berpartai dapat didik lantaran masih murni. Maksudnya, belum terkontaminasi oleh tradisi partai-partai lama yang barangkali saja dicap buruk oleh beberapa masyarakat.

“Jadi masih suci dapat disiapkan menjadi calon pemimpin, digembleng terus-terusan,” ungkapnya.

Muhammad Reza Syarifuddin Zaki menjadi salah satu buktinya bahwa anak muda terlibat. Zaki yang berusia 29 tahun saat ini, merupakan ketua partai termuda di Sumedang dan pun ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Nasdem termuda di semua Indonesia. Kebijakan NasDem yang dia nilai peduli terhadap kaum muda merupakan dengan membina Aksi Bela Negara dan pembiayaan terhadap caleg.

Dia memilih partai Nasdem karena yang dia lihat membuka sepenuhnya keterlibatan anak-anak muda. Kesempatan anak muda guna berkembang tersebut terbukti saat Zaki terpilih menjadi Ketua DPC Nasdem di Kabupaten Sumedang.

“Sekarang di kepengurusan kami 50 % lebih merupakan anak-anak muda dan 38 % merupakan pengurus perempuan,” ungkap Zaki yang adalah calon legeslatif  DPR RI untuk wilayah pemilihan Jabar IX yang mencakup Sumedang, Majalengka dan Subang.

Kebijakan beda yang menurut keterangannya bisa mendorong anak muda menjauhi korupsi merupakan tidak adanya setoran dari anggota legislatif ke partai politik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here