Nilai Rupiah Terhadap Kurs Dollar Kian Melemah dan Menghawatirkan

0
66
rupiah dan dollar
nilai rupiah terhadap kurs dollar

Elahan.com, Hingga detik ini nilai tukar rupiah terhadap kurs Dollar makin melemah. Membuat Indonesia memasuki skala krisis. Hari ini nilai tukar rupiah melemah hingga angka 15.000 per dollar. Keadaan ini merupakan yang terburuk dalam 20 tahun terakhir. Pelemahan rupiah makin dekat dengan level krisis moneter 1998. Akan tetapi, situasi yang dialami pada saat ini dan 2 dekade lalu sangat berbeda.

Kurs adalah Tingkat perbedaan nilai jual atau nilai beli mata uang suatu negara Perbedaan kurs pada setiap Negara berubah setiap harinya. Pada umumnya tingkat kenaikan dan penurunan sebuah mata uang ini berpatokan pada mata uang kurs Dollar.

Berikut 3 faktor yang menyebabkan nilai kurs pada setiap Negara berbeda-beda.

  1. Tingkat Inflasi

Ketika Negara mengalami inflasi tingkat tinggi maka harga barang pun akan cenderung lebih mahal. Sehingga tingkat kegiatan ekonomi melemah dan berdampak langsung pada nilai kurs Negara tersebut.

  1. Besar-kecil suku bunga

Perubahan kondisi inflasi dapat dilakukan dengan menaikan suku bunga. Tingkat suku bunga yang tinggi mengakibatkan permintaan mata uang tersebut menjadi tinggi. Hal itu akan menjadikan nilai tukar mata uang menjadi tinggi.

  1. Harga ekspor dan impor

Harga ekspor berkembang atau naik lebih cepat dibandingkan dengan harga impor.
Apabila harga ekspor Negara baik nilai tukar uaang cenderung naik. Karena naiknya harga ekspor maka permintaan mata uang akan naik. Kenaikan permintaan tersebut berdampak langsung pada penguatan nilai kurs.Namun jika harga impor lebih besar disbanding harga ekspor maka keadaan kursnya berada pada keadaan lemah.

  1. Kondisi politik dan ekonomi
    Kondisi politik dan juga ekonomi yang baik akan memberi dampak tingkat kepercayaan investor semakin baik. Jadi, tingkat kepercayaan yang baik akan memberi efek pada jumlah investor. Hal ini pasti akan berdampak pula pada kenaikan nilai tukar mata uang pada Negara tersebut.

Menurut penjelasan Deputi III Bidang Kajian dan Pengelolaan Isu-­isu Ekonomi Strategis Kantor Staf Presiden RI, Denni Puspa Purbasari. Beliau memberikan alasan pelemahan Rupiah terhadap kurs Dollar saat ini berbeda dengan yang terjadi dua dekade lalu:

  1. Bukan pelemahan yang drastis.
  2. Cadangan devisa yang dicapai lebih besar.
  3. Rasa percaya investor masih terbilang kuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here