Berbagai Obat Radang Anak yang Bisa Didapatkan di Apotek

0
44
obat radang anak

Obat radang anak sangat penting untuk dikonsumsi guna mencegah infeksi berkelanjutan pada area kerongkong sang buah hati. Pada umumnya si kecil yang mengalami radang tenggorokan akan sakit saat menelan dan merasa panas sehingga mereka kesulitan makan. Lantas bagaimana mengatasinya? Nah berikut merupakan obat radang tenggorokan yang bisa didapatkan di apotek.

Ibuprofen

Ibuprofen merupakan obat yang termasuk ke dalam golongan NSAID. Obat yang satu ini memang terbilang cukup efektif bagi para penderita radang, khususnya radang tenggorokan. Ibuprofen ini bekerja dengan cara menghalangi subtansi alami tubuh yang mampu menyebabkan peradangan. Selain itu, obat ini juga efektif untuk mengurangi bengkak, nyeri, hingga demam.

Jika sang buah hati mengalami radang tenggorokan, pastikan untuk konsultasi ke dokter mengenai terapi non obat atau penggunaan obat lain untuk si kecil. Pada umumnya obat radang anakini diberikan setiap 4 hingga 6 jam sekali kecuali jika dokter menganjurkan berbeda. Untuk itu, pastikan mengonsumsi obat yang satu ini dengan disertai resep dokter.

Aspirin

Dalam dunia farmasi, aspirin juga dikenal sebagai asam asetil salisilat yang berguna untuk membentuk senyawa selisin yang banyak ditemukan pada tumbuhan. Meski demikian senyawa ini juga memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan dosisnya. Bahkan pada umumnya senyawa yang satu ini juga kerap ditemukan pada berbagai produk obat radang tenggorokan yang dijual bebas.

Pada dasarnya obat aspirin ini bekerja sebagai penghambat enzim yang mengatur kerja dan memproduksi prostaglandin. Prostaglandin sendiri merupakan senyawa yang diproduksi ketika tubuh mengalami peradangan. Jadi dengan kata lain, obat yang satu ini sangat efektif untuk mengatasi berbagai hal yang berhubungan dengan prostaglandin.

Methylprednisolone

Methylprednisolone merupakan salah satu obat radang tenggorokan yang berfungsi untuk menekan sistem kekebalan tubuh guna mengurangi berbagai gejala peradangan seperti nyeri, ruam, hingga bengkak. Biasanya obat ini digunakan untuk meredakan alergi dan nyeri. Namun tak jarang obat ini juga digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit lainnya seperti radang tenggorokan.

Perlu untuk diingat, untuk mendapatkan obat yang satu ini harus disertai dengan resep dokter. Obat ini bisa didapatkan dalam bentuk tablet atau suntikan. Methylprednisolone merupakan obat anti peradangan yang berfungsi untuk mencegah jaringan yang mampu merespons proses inflamasi sekaligus menghambat pertumbuhan sel yang terinflamasi.

Naproxen

Naproxen merupakan obat radang tenggorokan yang berfungsi untuk mengurangi nyeri dan rasa sakit ketika menelan makanan. Obat yang satu ini juga termasuk ke dalam golongan obat NSAID. Naproxen bekerja menghambat produksi berbagai zat tertentu yang mampu menyebabkan peradangan dalam tubuh.

obat radang anak

Nah itulah beberapa obat radang anak yang bisa dengan mudah Anda dapatkan di apotek. Meski demikian, pastikan beberapa obat di atas harus dikonsumsi berdasarkan resep dokter. Namun alangkah baiknya jika Anda menggunakan bahan alami saja. Anda juga bisa mendapatkan tips mengatasi radang tenggorokan anak lainnya dengan berkunjung ke orami.co.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here