Partai Demokrat dan PDIP Tidak Kaitkan Hasil Pilkada 2018 dengan Pilpres 2019

0
47
Berita Terkini Pilpres 2019
Pilpres 2019

Elahan.com, Partai peserta pilkada 2018, Demokrat dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tidak melihat hasil perolehan suara pada Pilkada 2018 untuk menentukan suara pada pilpres 2019 nanti.

Partai Demokrat mengklaim meraih lebih dari 35 persen kemenangan yang ditargetkan. Beberapa pilkada yang dimenangi oleh Demokrat di antaranya pemilihan Gubernur Maluku, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Barat.

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyatakan hasil pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 tidak otomatis berkaitan langsung dengan pilpres 2019. Partai politik yang meraih kemenangan besar tahun ini juga belum tentu akan menang besar pula dalam pemilu 2019 nanti.

“Ada yang bilang, apakah pilkada ini akan berkaitan langsung dengan pilpres. Jawabannya, iya dan tidak,” ucap SBY di kantor DPP Partai Demokrat, Wisma Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 27 Juni 2018.

Sedangkan sikap PDIP yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan tidak ambil pusing atas kekalahan partainya dalam pemilihan gubernur di sejumlah daerah. Menurut dia, perolehan suara di Pilkada 2018 tak menentukan suara pemilih di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2019.

“Pemilihan Gubernur tidak begitu menentukan, yang menentukan adalah Pilkada kabupaten/kota,” ujar Hasto di kantor Dewan Pimpinan Pusat PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, pada Rabu, 27 Juni 2018.

Menurut Hasto, PDIP selalu kalah dalam Pilkada Jawa Barat. Namun dalam pemilihan legislatif, PDIP selalu mendapat perolehan suara terbanyak. Pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur tahun ini, PDIP kalah di 7 dari 17 calon yang diajukan. Perhitungan tersebut berdasarkan hitung cepat (Quick Count) yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei.

Jawa Barat masuk kedalam lima provinsi yang memiliki jumlah pemilih terbanyak pada Pilkada Serentak 2018 ini. Pada pemilihan presiden tahun 2014 lalu, hasil suara pasangan Jokowi-JK di Jawa Barat dikalahkan oleh Pasangan Prabowo-Hatta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here