Pembaruan Sistem E-Budgeting, Ini Keuntungan Sistem Pendataan Online dalam Pemerintahan

0
7
Pembaruan sistem e-budgeting
Setelah munculnya masalah pada sistem 3-budgetin lama, Anies Baswedan berencana melakuka pembaruan sistem e-budgeting.

elahan.com, Setelah heboh tentang anggaran APBD DKI Jakarta 2020, kini ada permasalahan baru terkait respon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal E-Budgeting. Setelah adanya kesalahan, Anies Baswedan sempat mengatakan jika sedari awal dirinya telah melihat adanya masalah pada E-Budgeting. Anies Baswedan belum lama ini mengatakan akan ada pembaruan sistem e-budgeting atau sistem penyusunan anggaran secara elektronik pada 2020 mendatang.

Pemprov DKI Jakarta menggunakan sistem e-budgeting dalam penyusunan anggaran APBD 2020 dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) diketahui tak serius dalam penyususnan anggaran serta melakukan kesalahan input data. Hal ini mengundang kritik dan tak terkecuali Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sempat menyalahkan sistem yang saat itu berlaku.

Anies Baswedan mengatakan, rencana pembaruan sistem e-budgeting ini sebagai upaya membangun transparasni dan mengendalikan perilaku setiap pihak yang terlibat dalam penyusunan anggaran. Ia mengatakan jika kesalahan yang terjadi disebabkan oleh kesalahan sistem digital. Meski menggunakan sistem digital, pemeriksaannya pun tetap dilakukan secara manual, sehingga banyak anggaran janggal yang lolos.

Namun sebenarnya, apa pengertian e-budgeting dan keuntungannya dalam pemerintahan? Berikut sejumlah penjelasannya:

Pengertian E-Budgeting

Sistem E-budgeting kini tengah ramai dibicarakan karena digunakan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk menyusun anggaran tahunan. Lalu apa itu E-budgeting?

E-budgeting merupakan sistem keuangan yang tersimpan secara online dan memiliki tujuan transparansi dokumentasi penyusunan anggaran pada sebuah daerah. Setiap orang dari pemerintahan maupun masyarakat bisa mengakses data tersebut dengan harapan dapat mencegah upaya penggelapan dana atau terjadinya tindak kecurangan pada birokrasi terkait.

Keunggulan Penggunaan Sistem E-Budgeting

pembaruan sistem e-budgeting
Pemprov DKI Jakarta bakal melakukan pembaruan sistem e-budgeting.

Penggunaan sistem E-budgeting dalam pemerintahan tentunya memiliki keunggalan, terutama dalam pemerintahan, yaitu:

  • Cegah Korupsi

Penyalahgunaan dana atau korupsi di tingkat daerah sering terjadi dalam bentuk manipulasi data keuangan. Dalam waktu tertentu, pencatatan dana kerap kali diakali dengan mudahnya karena masih menggunakan sistem konvensional atau masih menggunakan tenaga manusia.

Oleh karena itu, e-budgeting ini bisa diterapkan, dengan harapan upaya-upaya manipulasi data bisa dicegah karena data yang diinput sudah valid atau tak dapat dirubah-rubah lahi serta langsung tersebar ke publik.

  • Transparansi Data

Transparansi dalam penyusunan anggaran sangat penting. Publik berhak untuk ikut serta dalam pengawasan sebagai bentuk demokratisasi keuangan di sebuah pemerintahan daerah. Masyarakat yang menemukan sejumlah kejanggalan atau tidak setuju serta ingin memberikan masukan bisa langsung mengirimkan tanggapannya ke pemerintahan terkait. Hal ini sangat jitu dalam menanggulangi segala penyalahgunaan dana dalam pengelolaan APBD.

Selain itu, prinsip keterbukaan data informasi keuangan kepada masyarakat pun telah diatur dalam aturan perundangan berupa Peraturan Menteri Dalam Negeri no. 13 tahun 2006. Peraturan ini kemudian menjadi pendoman dalam penerapan sistem e-budgeting yang digunakan oleh instansi pemerintahan di Indonesia.

  • Efisiensi dalam Pendataan Keuangan

Keunggulan lainnya dari e-budgeting yaitu adanya efisiensi dalam pendataan keuangan dalam suatu instansi pemerintahan khususnya. Sistem pendataan dengan mengandalakan sistem dan jaringan terpadu ini maka pemerintah daerag bisa langsung mengendalikan serta mengevaluasinya secara lansgung. Di saat bersamaa, warga bisa berperan aktif dalam pengawasan data yang telah disimpan secara online.

Meski sering dikatakan sebagai terobosan kebijakan keuangan yang berpihak kepada rakyat, tetap saja ada kelemahan yang bisa membuat semua orang khawatir. Kekhawatiran ini lebih pada keamanan data pemerintahan.

Sistem pemerintah bisa memeliki kecenderungan mudah dibobol oleh hacker atau bahkan terkena pengaruh virus online yang dapat merusak data. Akan tetapi, masalah-masalah ini masih bisa diatasi dan diantisipasi dengan penerapan keamanan sistem jaringan yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here