Pemilihan Ketua Makhamah Agung Terapkan Physical Distancing

0
30
Physical distancing
Pemilihan Ketua Makhamah Agung Terapkan Physical Distancing

elahan.com, Pemilihan Ketua Makhamah Agung (MA) dilakukan secara physical distancing karena berlangsung ditengah pandemic virus corona, untuk menggantikan Ketua MA yang akan segera pensiun, Hatta Ali. Pemilihan digelar oleh Makhamah Agung pada 6 April 2020 kemarin.

Juru Bicara Makhamah Agung, Andi Samsan Nganro menjelaskan bahwa pemilihan ketua MA kali ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yakni physical distancing.  Salah satu protokolnya adalah tidak mengundang tamu dalam proses pemilihan ketua tersebut.

“Melainkan yang hadir itu adalah para Hakim Agung yang punya hak pilih, baik memilih ataupun dipilih dan juga diikutikan dihadiri para hakim yang ada di Mahkamah Agung,” kata Andi pada Senin (6/4/2020).

Diketahui, Hatta Ali yang merupakan Ketua Makhamah Agung akan segera memasuki massa pensiun. Sebanyak 47 hakim akan mengikuti pemilihan Ketua MA untuk menggantikan posisi Hatta. Kegiatan pemilihan tersebut juga sudah berlangsung diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa.

“Kita juga menjaga agar jangan sampai ada persentuhan ya. Jadi sudah diformulasi sedemikian rupa,” ungkap dia.

Absensi para hakim juga sudah diberikan sebelumnya, sehingga hakim yang hadir hanya perlu meletakan kertas kehadirannya saja. Selain itu, para hakim dan panitia yang datang juga diperiksa suhu tubuhnya terlebih dahulu. Publik yang ingin melihat proses pemilihan ini pun disediakan live streaming di akun Youtube Mahkamah Agung.

“Kita tinggal menaruh kemudian dikumpulkan untuk kemudian mengetahui jumlah Hakim Agung yang hadir yang nanti akan memberikan hak pilih,” ucap Andi. Andi mengatakan bahwa panitia pelaksana merupakan eselon satu Mahkamah Agung. Andi melanjutkan, tata letak kursi hakim juga diatur dengan jarak kurang lebih satu setengah meter. Hal itu menerapkan physical distancing yang disarankan oleh WHO ditengah pandemic corona ini. Kemudian, para hakim dan panitia yang hadir juga diwajibkan menggunakan makser dan disediakan sarung tangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here