Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta akan Ditunda

0
21
wakil gubernur dki
Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta akan Ditunda

elahan.com, Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang diagendakan tanggal 23 Maret 2020 akan ditunda. Sementara itu, untuk kandidat Wagub sendiri ada Nurmansjah Lubis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Ahmad Riza Patria dari Patria Gerindra.

Wakil Ketua Panitia Pemilihan Wagub DKI Jakarta Basri Baco, mengatakan ada wacana perubahan agenda pemilihan Wagub DKI. Namun masih belum final dan akan dirapatkan. “Ya baru wacana, karena tanggal 23-24 itu katanya libur Nasional, cuti bersama, kalau tanggalannya sidang, tapi katanya dari Pemerintah Pusat ada perubahan,” kata Basri, kepada wartawan, Rabu (10/3/2020).

Dia menuturkan bahwa akan ada rapat di DPRD hari ini membahas agenda pemilihan Wagub DKI Jakarta. Dia mengatakan, pemilihan Wagub DKI, bisa maju atau mundur dari tanggal yang sudah ditetapkan sebelumnya, yakni tanggal 23 Maret 2020. “Tapi besok baru diputuskan, apakah mundur, apa maju, pilhannya itu,” kata Basri.

Sebelumnya, Panlih telah menyelesaikan jadwal pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta. Paripurna pemilihan akan dilaksanakan pada 23 Maret 2020. “Panitia pemilihan Wagub DKI Jakarta telah berhasil menetapkan tahapan dan jadwal pemilihan Wagub. Intinya, pemilihan akan kita lakukan pada tanggal 23 Maret 2020,” ucap Wakil Ketua Panlih Basri Baco kepada wartawan di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (4/3).

Sementara salah satu calon wakil gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria telah melepas jabatannya sebagai anggota DPR RI. Kendati demikian, Panitia Pemilihan Wagub DKI belum menerima SK pengunduran diri Riza yang diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Surat permohonan surat tanda tangan pimpin DPR untuk nonaktif sudah masuk, tapi terkait surat SK itu lagi proses karena yang tanda tangan harus presiden itu yang kita tunggu,” Ketua Panlih Wagub DKI Jakarta, Farazandi Fidinansyah saat dihubungi, Kamis (12/3/2020).

Diketahui, Riza Patria sudah resmi mengirimkan surat pengunduran diri ke Dewan Perwakilan Rakyat Republi Indonesia karena memilih untuk maju sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta. Riza mengatakan dirinya hanya menaati aturan. “Lho kan harus taat aturan. PNS, TNI, Polri, BUMN, BUMD, anggota Dewan DPR RI, provinsi, kabupaten/kota harus mundur apabila maju dalam pilkada maupun PAW (pergantian antar-waktu). Aturannya begitu,” kata Riza di Hotel Diradja, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (11/3/2020).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here