Densus 88 Melakukan Penangkapan Teroris di Jawa Timur, Diduga Anggota JAD

0
25
Penangkapan Teroris
Berita Penangkapan Teroris di Jawa Timur

Elahan.com, Tim Detasemen Khusus (Dansus) 88 Antiteror Polri pada telah mengamankan tiga orang terduga teroris di Blitar, Jawa Timur. Berita penangkapan teroris ini terjadi pada 24 Agutus 2019 . BKetiga orang yang telah diamankan berinisial SU berumur 53 tahun yang berprofesi sebagai penjaga apotek di Kelurahan Baru, kabupaten Blitar. Selain tiu ada KU yang berumur 48 tahun, memiliki profesi sebagai karyawan laundry, dan ada JO berumur 47 yang bekerja di BPR Kota Blitar.

Penangkapan terduga teroris oleh Densus 88 dibantu oleh kepolisian setempat menggeledah rumah SU secara tertutup untuk mencari sejumlah barang bukti. Rumah SU yang merupakan terduga teroris ini terletak di Kelurahan Beru, kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar.

Dilansir dari Antara, ketiga terduga teroris ini telah diamankan ke polres Blitar untuk dilakukan interogasi awal dan selanjutnya ketiganya akan dibawa ke Mako Brimob Polda Jawa Timur. Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari petugas mengenai kasus apa yang menjadi latar belakang penangkapan ketiga terduga teroris ini.

Pada Kamis 21 Agustus, tim Densus 88 Antiterir Polri juga telah menangkap seorang yang juga menjadi terduga teroris yang berinisial BLM berusia 25 tahun di Lamongan. BL diketahui merupakan anggota dari Jamaah Ansharut Daulah atau JAD dan menjadi bagian dari jaringan teroris bom Thamrin, Jakarta Pusat yang membuat Jakarta heboh beberapa tahun lalu.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humaas Polri Kombes Pol Asep Adi Saputra menuturkan jika penangkapan terhadap BL adalah hasil dari pengembangan penangkapan salah satu anggota teoris berinisial HS di Sampang, Jawa timur yang juga diduga masuk dalam jaringan JAD di Jawa Timur.

Setelah rangkaian penangkapan teroris di Jawa Timur, akhirnya kelima terduga teroris yang diamankan dari beberapa daerah di Jawa Timur ini masih diinterogasi oleh penyidik Densus 88 Antiteror Polri. Ketiga dari lima teroris yang berhasil diamankan merupakan hasil tangkapan di Blitar sedangkan dua lainnya dari Lamongan.

Pada 25 Agustus 2019, kabid Humas Polda jawa Timur, Kombers Frans Barung Mengera menyatakan jika kelima terduga teroris kini telah berada di markas Brimob Polda Jawa Timur guna pemeriksaan. Ia pun melanjutkan, apabila pemeriksaan sudah dianggap cukup, proses pun akan dilanjutkan dengan membawa para terduga teroris ke Jakarta. Diketahui, ketiga terduga teroris yang telah diamankan di Blitar berinisial SU, KU, JO sedangkan dua lainnya berinisial HS dan BL.

Berita Penangkapan Teroris
Berita Penangkapan Teroris

Berdasarkan penuturan Kapolres Blitar AKBP Anisullah M Ridho, tim sempat melakukan penggeledahan dan sejumlah barang bukti juga ikut diamankan. BarangĀ  bukti yang berhasil diamankan diantaranya adalah buku panduan jihad, senjata tajam, celurit, telepon seluler, computer dan barang lainnya.

Usai penangkapan teroris di Lampongan dan Blitar, Densus 88 Antiteror Polri kini tengah menelusuri kasus perampokan toko emas oleh YT yang disebut-sebut pelaku merupakan anggota jaringan kelompok radikan bernama Isbaqiah. Dikatakan jika perampokan toko emas berhasil, pelaku akan menyetor dana tersebut untuk hijrah ke negara Syam Suriah.

Densus 88 Antiteror Polri pun kini ikut menyelidiki kasus ini. Tim menggeledah rumah pelaku serta menggeledah rumah orang tua pelaku. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, Densus 88 kini telah melakukan penggeledahan di tiga lokasi.

Lokasi pertama merupakan kios dan rumah milik tersangka YT di Pasar Kincang, Desa Kincang Wetan, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun. Namun, belum ada informasi lanjut terkait barang bukti apa yang berhasil diamankan.

Kapolres Madiun Kota, Nasrun Pasaribu mengatakan penggeledahan dilakukan di tiga lokasi. Pertama lokasinya di kios dan rumah milik pelaku di Pasar Sumur Tiban, Kabupaten Madiun, lokasi kedua di rumah YT di desa Sukolilo, Kecamatan jiwan, Kabupaten Madiun, dan lokasi ketiga yaitu di rumah orangtua pelaku di Desa Kincang Weta, kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here