Penetapan Jadwal dan Undangan Pelantikan Presiden 2019 Oleh Anggota MPR yang Baru

0
50
jadwal pelantikan presiden 2019
jadwal pelantikan presiden 2019

Elahan.com, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) mengatakan jika jadwal dan undangan untuk pelantikan Presiden 2019 terpilih akan segera ditentukan. Hal ini bisa ditetapkan oleh keanggotaan MPR yang baru. Anggota MPR periode 2019 sampai 2024 baru akan dilantik pada 1 Oktober 2019 mendatang.

Sekjen MPR Ma’ruf Cahyono mengatakan, urusan pelantikan Presiden harus didahului dengan adanya pelantikan MPR. Berkaitan dengan agenda-agenda pembahasan soal jadwal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 dan yang lainnya akan dibahas oleh keanggotaan yang baru.

Selain itu Dia juga menjelaskan jadwal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih akan ditentukan oleh pimpinan MPR di periode mendatang. Berkaitan soal undangan terhadap Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno dalam pelantikan Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin akan ditentukan oleh MPR yang baru.

Pada momen sebelumnya, Joko Widodo agar Prabowo Subianto dan Sandiaga datang ketika pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019 Oktober mendatang.  Meskipun demikian yang memiliki wewenang dalam mengundang mantan calon Presiden dan Wakil Presiden pada pelantikan nanti adalah Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) .

“Semuanya tergantung nanti pembahasan dari MPR, kan nanti akan terbentuk alat-alat kelengkapan yang membahas itu, termasuk jadwal yang akan datang. Termasuk juga kapan waktunya, tersmasuk juga siapa-siapa saja yang diundang, apakah paslon yang ikut kontestasi pilpres ikut diundang nanti ditentukan ke sana” kata Ma’ruf Cahyono.

Ma’ruf menyatakan jika agenda pelantikan Presiden akan dijadwalkan pada 20 Oktober 2019 mendatang yang sesuai dengan tanggal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden lima tahun lalu dengan harapan proses pelantikan akan berjalan dengan lancar.

Sebelumnya, mantan calon wakil presiden Sandiaga Uno mengaku akan merasa sangat bahagia jika diundang ke pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada Oktober mendatang. Hal ini juga disampaikan Sandiaga ketika ditanya soal harapan Presiden terpilih Joko Widodo agar Sandiaga dan Prabowo Subianto dapat hadir saat pelantikan itu.

“Kan, yang mengundang MPR, kami juga akan sangat bahagia kalau diundang,” ujar Sandiaga di Mall Pelayanan Publik DKI Jakarta pada Senin, 1 Juli 2019.

Dengan pernyataanya itu, Sandiaga belum bisa memastikan apakah dirinya akan menghadiri pelantikan itu. Dia pun berujar akan terlebih dahulu menyesuaikan jadwalnya dengan Prabowo selaku Ketua Umum Partai Gerindra yang sekaligus pasangannya di pemilihan Presiden 2019.

Berkaitan dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019, Polri akan siap mengamankan proses palantikan yang dijadwalkan akan digelar pada 20 Oktober mendatang.

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen M. Iqbal mengatakan pengamanan proses pelantikan ini merupakan bagian akhir dari serangkaian operasi Mantap Brata yang dilakukan oleh Polri. Operasi Mantap Brata diketahui sebagai operasi pengamanan yang digelar Polri selama proses Pemilu 2019.

“Itu adalah bagian akhir dari Operasi Mantap Brata, kami sangat siap,” kata Iqbal di kawasan Monas pada Minggu, 7 Juli.

Meskipun begitu, Iqbal mengatakan, kepolisian akan tetap mengantisipasi segala hal dengan tujuan menjaga situasi keamanan agar tetap kondusif. Dirinya juga berharap agar tidak ada peristiwa yang bisa mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Tapi tetap kami antisipasi segala hal, seluruh elemen masyarakat terutama pers, kami juga mengharapkan kerja samanya, sehingga puncak pesta demokrasi ini selesai dengan baik.” Ujarnya.

Terkait jumlah personel pengamanan pelantikan Presiden 2019, Iqbal masih belum bisa memastikan lantaran masih dalam proses pembahasan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here