Pengumuman Hasil Seleksi CPNS 2019 oleh Semua Instansi

0
4
CPNS 2019
Pengumuman Hasil Seleksi CPNS 2019 oleh Semua Instansi

Pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS telah memasuki hari kedua. Bagi nama-nama yang lolos di tahap SKD bisa ikut melanjutkan ke tahap Seleksi Kompetisi Bidang (SKB). Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan, sebanyak total 521 pemerintah pusat dan daerah yang membuka formasi pada CPNS kali ini wajib mengumumkan hasil SKD di laman resmi masing-masing instansi.

“Hari ini semua harus mengumumkan hasil SKD. Sudah diatur tanggal 22-23 Maret,” kata Plt Kabiro Humas BKN Paryono kepada Liputan6.com, Senin (23/3/2020).

Saat ditanyakan mengenai jumlah instansi yang sudah mengumumkan hasil SKD-nya, Paryono mengaku tak memiliki data rincinya. Namun, untuk mengetahui kementerian atau lembaga maupun pemerintah daerah mana saja yang sudah menampilkan hasil pengumuman, itu bisa dicek lewat portal SSCN.

Oleh karenanya, Paryono menyarankan agar setiap peserta untuk rutin melihat apakah instansinya sudah mengeluarkan hasil SKD CPNS melalui link sscndata.bkn.go.id/SKD. Adapun masa pengumuman ini telah dimulai sejak Senin, 22 Maret 2020 kemarin.

Pasca pengumuman hasil SKD, proses perekrutan CPNS akan berlanjut ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang masih dalam status penundaan sampai dengan waktu yang akan ditentukan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Proses pengumuman hasil SKD ini, lanjut dia, tidak akan terpengaruh wabah virus corona yang saat ini melanda Indonesia. “Kalau pengumuman hasil SKD tidak terpengaruh Covid-19 karena memang sudah siap untuk diumumkan,” sebut dia.

Meski proses pengumuman SKD tidak mengalami hambatan akibat kondisi persebaran Covid-19, namun proses selanjutnya, yakni Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), mengalami penundaan.

“Yang kena imbasnya adalah pelaksanaan SKB yang ditunda sampai situasi dan kondisi memungkinkan,” kata Paryono.

Jadwal pelaksanaan SKB masih menunggu keputusan selanjutnya dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Tes SKB punya presentasi 60 persen sedangkat tes SKD presentasi 40 persen. Tes SKB menjadi tes dengan presentasi lebih tinggi. Materi tes SKB untuk jabatan fungsional disusun oleh instansi Pembina jabatan fungsional selanjutnya diintegrasikan ke dalam bank soal CAT BKN.

Materi jabatan pelaksana bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang berkesuaian atau masih sama dengan jabatan fungsional terkait. Contohnya jabatan bersifat teknis membutuhkan keahlian khusus seperti pranata komputer. Selain menggunakan sistem CAT, tes SKB dapat dilakuka dalam bentuk praktik kerja. Beberapa instansi daerah yang menyelenggarakan tes SKB selain CAT, wajib mengunggah pedoman atau panduan pelaksanaan tes melalui website instansi.

Kemudian, materi untuk jabatan pelaksana yang bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang bersesuaian atau masih satu rumpun dengan jabatan fungsional terkait.

Berdasarkan Peraturan Kemenpan RB Nomor 36 Tahun 2018, tes SKB menggunakan CAT untuk tesnya. Materi tes SKB di instansi pusat yang menggunakan sistem CAT dapat berupa :

  1. Tes potensial akademik
  2. Tes praktik kerja
  3. Tes bahasa asing
  4. Tes fisik atau kesamaptaan
  5. Psikotes
  6. Tes kesehatan jiwa
  7. Wawancara

Pelaksanaan tes SKB bisa berbeda-beda tiap instansi pemerintahan. Beberapa instansi mensyaratkan penggunaan seleksi psikotes sampai wawancara. Hal tersebut sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh jabatan, dengan paling sedikit 2 jenis atau bentuk tes. Untuk mempelajari materi tes SKB, pelamar CPNS dapat melihat pedoman resmi melalui website tiap instansi yang membuka lowongan formasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here