Pengumuman Pendaftaran CPNS Akan Dilakukan Akhir Juli

0
177
Penerimaan CPNS
Seleksi Penerimaan CPNS

Elahan.com, Pendaftaran CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil akan kembali dibuka. Rencananya, pengumuman pembkaan pendaftaran akan dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) lewat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pan-RB, Mudzakir mengatakan, bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan diri untuk jadi CPNS diharap untuk bersabar. Ia memastikan bahwa pengumuman pembukaan pendaftaran CPNS 2018 akan dilakukan paling lambat antara akhir bulan Juli atau pada awal bulan Agustus 2018.

“Mohon ditunggu ya, nanti akan diumumkan,” ujar Mudzakir saat dihubungi pada hari Rabu, 25 Juli 2018.

Mudzakir juga menambahkan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan pembukaan pendaftaran CPNS 2018, khususnya hal-hal teknis.

Lebih jauh, saat ini juga pihaknya tengah menyiapkan proses penyelesaian penghitungan formasi. Sebelumnya, formasi tersebut telah diterima Mudzakir dari Kementerian dan Lembaga serta Pemerintah Daerah (Pemda) terkait.

Setelah formasi diterima, selanjutnya diolah kembali dan divalidasi antara pengajuan dan kebutuhan, serta potensi dari daerah tersebut. Setelah langkah-langkah tersebut, pihaknya baru bisa menentukan berapa formasi yang akan dibuka.

“Semua proses menuju pengumuman kami persiapkan sebaik dan secermat mungkin. Mohon ditunggu ya,” tegas Mudzakir.

Seperti diketahui, dalam pembukaan pendaftaran CPNS 2018 ada yang berbeda dalam penetapan formasi. Hal ini disebabkan akan adanya beberapa formasi khusus yang disiapkan oleh pemerintah setelah abdi negara tahun ini.

Formasi khusus yang dimaksud ditujukan untuk para tenaga pengajar atau guru, tenaga kesehatan atau perawat, hingga untuk para atlet dan juga masyarakat Papua.

Untuk melakukan pendaftaran, ada beberapa langkah yang harus dilakukan, yaitu:

1. Melakukan registrasi daring ke Portal BKN dan cetak bukti pendaftaran peserta. Bukti pendaftaran akan digunakan dalam proses validasi dokumentasi di Instansi terkait.

2. Mengirimkan berkas lamaran yang diperlukan ke Intansi yang dilamar. Jangan lupa untuk menyertakan nomor pendaftaran peserta.

3. Petugas pendaftaran di Instansi akan melakukan verifikasi kelengkapan dan kebenaran dokumen lamaran, menyesuaikan dengan data peserta yang sudah dimasukkan ke Portal.

4. Ambil Nomor Peserta Ujian CPNS di Panitia Seleksi

5. Mengikuti Ujian TKD

Bagi peserta yang dinyatakan lulus ujian TKD, berhak mengikuti Test TKB, sesuai ketentuan Pendaftaran CPNS dari instansi yang dilamar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here