Penjelasan Listyo Sigit Prabowo mengenai Bom Bunuh Diri Makassar

0
3
Listyo Sigit Prabowo
Penjelasan Listyo Sigit Prabowo mengenai Bom Bunuh Diri Makassar

Elahan.com, Mengenai bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan penjelasan bahwa sedang dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Olah TKP dilaksanakan oleh petugas kepolisian di lokasi ledakan depan Gereja Katedral, Jalan Kajaolalido, Makassar, Sulawesi Selatan.

 “Saat ini olah TKP sedang dilakukan, penyisiran di TKP dan penanganan lanjut untuk korban,” ujarnya.

Ledakan terjadi pada saat para jemaat sedang melakuka ibadah di gereja tersebut. Berdasarkan keterangan saksi, ledakan yang terjadi cukup besar. Peristiwa ini menimbulkan korban jiwa dan korban luka-luka yang segera dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis.

Tak hanya itu Kapolri Listyo Sigit pun telah mengungkapkan identitas pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar tersebut. Ia menyebutkan bahwa pelaku terdiri dari dua orang. Pelaku laki-laki memiliki identitas L, sementara pelaku perempuan, sampai saat ini masih terus dilakukan identifikasi. Kedua pelaku diketahui merupakan kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang pernah melakukan aksi serupa di Jolo, Filipina.

Menurut Brigjen Pol Dedi Prasetyo, kelompok JAD melakukan aksi secara terstruktur. Sebelum melakukan aksi mereka kana memberi kabar satu dengan lainnya melalui media sosial. Menurut Dedi, kelompok tersebut memanfaatkan aplikasi Telegram dalam berkirim pesan.

“Kalau mau melakukan amaliyah, mereka akan sampaikan di Telegram maupun media sosial lainnya. Misalnya ‘Saya akan melakukan amaliyah pada hari ini’. Dia cukup men-declare akan melakukan amaliyah, mohon doanya, langsung dilakukan,” pungkasnya.

Kasus bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar kemarin menewaskan kurang lebih 20 korban luka-luka. Ini merupakan kesekian kalinya terjadi kasus teror bom bunuh diri, terutama di gereja. Untuk mencegah terjadinya perpecahan umat, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga turut menenangkan masyarakat agar tidak terhasut dan tidak takut dengan terror.

Selain itu, Kapolri mengatakan bahwa saat ini Polri bersama tim Densus 88 bekerja sama mengusut kasus terorisme ini. Oleh karena itu, Listyo Sigit Prabowo pun mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak perlu panik, karena Kapolisian akan mengusut tuntas peristiwa teror tersebut dan mengejar kelompok-kelompok teroris. Ikuti juga berita lain nasional dan lainnya di majalah tempo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here