Penyebab Harga Telur Naik Setiap Tahun

0
32
Harga telur ayam yang terus merangkak naik menjelang lebaran
Harga telur ayam yang terus merangkak naik menjelang lebaran

elahan.com, Menjelang lebaran 2019, harga telur masih terbilang cukup normal di awal minggu lalu yakni ada di kisaran Rp 24 ribu per kilogram untuk telur ayam negeri, Rp 2.500 per butir untuk ayam kampung, serta Rp 3.000 untuk per butir telur bebek di Pasar Slipi, Jakarta Barat.

Menurut pedagang toko, faktor Pemilu 2019 dan musim sekolah menyebabkan pembelian telur menjadi lesu dan sepi pembeli.

Berbeda dengan Pasar Rumput di Setiabudi, Jakarta Selatan yang naik menjadi Rp 26 ribu per kilogramnya. Padahal harga normalnya sebesar Rp 24.148 per kilo. Harga ini dprediksi terus naik menjelang lebaran. Telur menjadi komoditi yang harganya naik menjelang lebaran di pasar tradisional.

Menurut sekretaris Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Samhadi terjadi fluktuasi selama bulan ramadan tetapi 10 hari menjelang lebaran akan merangkak naik. Hal ini disebabkan karena menjelang lebaran masyarakat membuat kue dan mengirimkan makanan.

Samhadi juga menjelaskan bahwa harga telur ayam memang naik setiap tahun menjelang lebaran. Untuk memenuhi kebutuhan di DKI Jakarta, pasokan berasal dari Jawa Barat sebagian besarnya, seperti kota Bekasi, Sukabumi, dan juga Bogor. Ada juga dari Jawa Tengah seperti Magelang, Solo, dan Semarang. Dari Jawa Timur berasal dari Blitar.

Harga telur ayam menjelang lebaran
Harga telur ayam menjelang lebaran

Kenapa sih harga telur bisa selalu naik menjelang lebaran?

Pengurangan penggunaan obat-obatan antibiotik pada pakan ayam

Pemerintah meminta para peternak untuk mengurangi kadar penggunaan obat-obatan yang biasanya ditambahkan pada makan ayam yang ternyata bisa mempengaruhi daya tahan hidup ayam. Ayam penghasil telur diberikan tambahan obat-obatan agar tidak rentan sakit. Akan tetapi pemerintah meminta agar penggunaan dikurangi agar telur yang dihasilkan lebih sehat. Pengurangan ini dituangkan alam Peraturan Menteri Pertanian nomor 14 tahun 2017 mengenai Klasifikasi Obat Hewan yang bertujuan agar telur yang dihasilkan lebih sehat. Pengurangan ini berdampak pada berkurangnya 5-10 persen ayam petelur karena sakit. Akibatnya produksi telur juga ikut berkurang.

Pembatasan penggunaan obat ini juga membuat ayam tumbuh besar lebih lama. Jika normalnya ayam butuh waktu 3 bulan untuk tumbuh jadi besar, akibat kurangnya penggunaan obat-obatan tersebut, ayam jadi butuh waktu hingga empat bulan untuk tumbuh besar. Sehingga menunggu waktu tambahan satu bulan lagi untuk ayam siap menghasilkan telur.

Pekerja di Peternakan masih mengambil cuti lebaran

Ternyata aktivitas peternakan terganggu karena adanya libur lebaran. Sehingga membuat peternakan kurang produktif karena pekerja masih mengambil cuti panjang. Sehingga membuat proses hingga pendistribusiannya jadi terhambat. Sebenarnya pasokan untuk menjelang lebaran hingga libur lebaran sudah terpenuhi, sehingga liburnya pekerja tidak mempengaruhi pasokan telur. Tetapi pasokan setelah lebaran yang tidak tersedia sehingga kebutuhan pasar tidak bisa terpenuhi. Inilah yang membuat harga dari telur naik.

Naiknya harga pakan ayam

Harga pakan ayam yang naik berdampak pada harga dari telur yang ikut naik juga. Naiknya harga pakan ini dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat sedang melemah. Jumlah pakan ayam yang diberikan tidak bisa dikurangi meskipun harganya mahal.

Cuaca mempengaruhi produksi telur ayam

Cuaca yang sulit diprediksi membuat ayam rentan mengalami penyakit sehingga berpengaruh pada produktivitas ayam. Di saat permintaan tetap atau meningkat dan pasokan telur ayam berkurang, harga telur akan melonjak di pasaran.

Mencari alternatif protein pengganti

Meskipun telur merupakan sumber protein sehari-hari, tetap saja dalam berbagai situasi dan kondisi kamu harus mencari sumber protein alternatif sebagai pengganti, sehingga harga telur yang meningkat tetap bisa diatasi dengan adanya sumber protein pengganti. Sumber protein selain telur adalah tempe dan tahu yang bisa dikonsumsi setiap hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here