Perayaan 4 Juli Amerika Serikat, dari Parade Kembang Api Hingga Parade Militer

0
39
Berita dunia perayaan 4 Juli
Berita dunia perayaan 4 Juli

Elahan.com, Berita dunia hari ini dipenuhi dengan berita hari kemerdekaan Amerika Serikat (AS) yang jatuh pada hari Kamis waktu setempat. Perayaan ini dimeriahkan dengan berbagai parade dan kembang api.

Tidak lupa pada perayaan yang bertajuk “Salut untuk Amerika” ini, presiden Donal Trump menyampaikan pujian pada militer dan pahlawan Amerika Serikat yang sudah rela berkorban melakukan apapun selama 243 sejarah negara Paman Sam ini.

Perayaan 4 Juli ini juga dimeriahkan dengan atraksi pesawat tempur, dan pesawat pembom siluman B2 yang terbang di atas Donald Trump. Puluhan ribu orang yang berada di National Mall of Washinton pun bersorak sorai meneriakkan “AS! AS!”.

Menurut Trump, Amerika Serikat merupakan kisah mengenai warga pemberani yang berani dan tidak menyerah pada impian masa depan yang lebih cerah dan lebih baik. Sambil didampingi Ibu Negara Melania, Trump menyebut tidak ada yang tidak bisa dilakukan oleh AS.

Pidato Donald Trump ini disampaikan di depan patung presiden AS ke-16 Abraham Lincoln, persis di mana pejuang hak sipil Martin Luther King Jr dengan pidato terkenalya I have a Dream ditahun 1963. Panggung di Lincoln Memorial pun penuh dengan kibaran bendera AS dengan tank Abrams yang memiliki berat 70 ton diparkir di pinggir jalan.

Meski diguyur hujan, massa tetap berbondong-bondong untuk melihat penampilan kembang api dan konser di Gedung Capitol setelah menyaksikan pidato Trump. Bahkan hari libur yang bebas dengan kegiatan politik tersebut turut dinikmati oleh Dee Ranson. Dia sengaja mengunjungi keluarganya di Florida. Ada juga Andrea Stanford yang merupakan pendukung Trump yang tergabung dalam kelompok “Women 4 Trump” yang sengaja menghabiskan waktu 15 jam perjalanan menuju ibu kota.

Stanford juga memuji Presiden Trump sebagai pemimpin yang menepati dan berkomitmen pada janji politik ataupun militernya. Stanford merujuk pada pertemuan Trump dengan Kim Jong Un selaku Pemimpin Korea Utara beberapa waktu lalu.

Trump juga disebut sebagai pemimpin yang sungguh-sungguh berkomitmen pada kebebasan dan kemerdekaan.

Berbeda dengan Stanford dan Ranson, April Smith yang datang dari North Carolina hanya ingin menyaksikan pertunjukan saja. Menurut dia parade yang memamerkan “kekuatan militer” AS tidak diperlukan.

Berita Dunia: Perayaan kemerdekaan Amerika Serikat
Berita Dunia: Perayaan kemerdekaan Amerika Serikat

Hampir semua berita dunia mengabarkan pesta besar perayaan kemerdekaan AS tanggal 4 Juli atau dikenal dengan istilah ‘the Fourth of July’. Tanggal ini punya makna besar bagi warga Amerika. Pasalnya, pada tanggal inilah Negeri Paman Sam terbebas dari jajahan Kerjaan Inggris persis 243 tahun lalu.

Inggris sudah berada di AS sejak 1587 dengan tujuan mengambil sumber daya alam seperti tembakau. Awalnya hubungan kedua negara baik-baik saja. Namun, karena penerapan pajak yang tinggi sebagai pengaruh kedatangan Inggris di tanah mereka, membuat warga asli AS memberontak.

Tahun 1765 warga AS menuntut penghapusan pajak dan suara di parlemen. Tapi permintaan itu tidk dipenuhi Inggris. sehingga terjadilah protes besar-besaran di Boston tahun 1773 yang lebih dikenal sebagi Boston Tea Party. Sebagai protes terhadap Undang-undang Pajak Teh.

Awal mulanya, Amerika hanya terdiri dari 13 negara bagian sebelum berkembang menjadi 50 negara seperti saat ini. Tiga belas negara bagian itu adalah New Jersey, Delaware, Pennsylvania, Connecticut, South Carolina, Maryland, Massacusetts Bay, New Hampshire, Georgia, New York, Virginia, North Carolina, dan Rhode Island.

Setelah melewati masa yang panjang, akhirnya pada 4 Juli 1776, negara bagian yang tergabung dalam Thirteen Colonies ini mendeklarasikan kemerdekaan dari jajahan Inggris. Deklarasi tersebut disahkan oleh Kongres Kontinental Kedua dan membuat AS resmi lepas dari Inggris meskipun sejumlah perang setelahnya masih berlangsung.

Perayaan kemerdekaan Amerika Serikat ini menjadi berita dunia dan diliput banyak media. Apalagi statusnya sebagai negara adidaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here