Perjalanan Karir BJ Habibie hingga Jadi Presiden ke-3 RI

0
14
Perjalanan hidup BJ Habibie
Perjalanan hidup BJ Habibie

Elahan.com, Indonesia sedang berduka. Pasalnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie meninggal pada Rabu, 11 September 2019 di RSPAD Gatot Soebroto pukul 18.05 WIB. Tidak hanya keluarga, tapi seluruh masyarakat Indonesia ikut bersedih mendengar kabar duka ini.

BJ Habibie menutup usia disebabkan faktor usia dan gagal jantung. Memang pria berusia 83 tahun ini mendapat perawatan di rumah sakit beberapa waktu terakhir.

Untuk mengenang kembali, berikut perjalanan hidup BJ Habibie yang menjadi panutan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Kuliah di Bandung tahun 1954

Di tahun 1954, Habibie pernah kuliah S1 di Bandung mengambil Keilmuan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia Bandung (sekarang ITB). Semasa kuliah di Bandung, Habibie selalu membayangkan bisa kuliah di luar negeri, meski sempat berputus asa.

Kuliah di Rheinisch-Westflische Technische Hochschule Aachen

BJ Habibie kuliah di Jerman, tepatnya di kampus Rheinisch-Westflische Technische Hochschule Aachen, tanpa mendapat beasiswa dari swasta maupun negara. Habibie menyebut dirinya tidak mendapat beasiswa bukan karena bodoh. Dirinya berusaha menegaskan bahwa penerima beasiswa atau tidak, sama saja. Dia merasa beruntung bisa kuliah dan mempelajari bidnag yang disukai meskipun saat kuliah dia tidak makan dan pergi berjalan kaki.

Berhasil membuat pesawat

Ini merupakan prestasi gemilang yang akan selalu dikenang semua orang. Habibie berhasil membuat pesawat pertama karya anak bangsa Indonesia bernama N-250 Gatot Kaca. Ilmuwan ini berambisi bisa menghubungkan semua daerah di Indonesia dengan moda transportasi pesawat terbang.

Menetap di Jerman

Habibie bekerja di perusahaan Messerschmitt-Blkow-Blohm yang memproduksi helikopter hingga dirinya harus menetap di Hamburg, Jerman. Selama bekerja inilah Habibie melakukan berbagai riset mengenai pesawat.

Tak mengherankan jika Habibie meraih berbagai penghargaan dari institusi-institusi di beberapa negara, seperti Malaysia, Jerman, Inggris, Amerika Serikat, Jepang, Swedia, dan Perancis. Bahkan pria kelahiran 25 Juni 1936 ini diberikan hak istimewa oleh pemerintah Jerman berupa kebebasan izin tinggal dan bebas visa.

Menjadi orang kepercayaan Soeharto

BJ Habibie dan Ainun
Perjalanan karir BJ Habibie

Segudang prestasi yang diraihnya membuat Habibie jadi orang kepercayaan Presiden ke-2 Soeharto. Terbukti pada 1978, Soeharto mengangkat Habibie jadi menteri Negara Riset dan Teknologi hingga 1997. Selama jadi menteri inilah Habibie mencetuskan untuk membuat pesawat nasional. Pesawat N-250 Gatot Kaca dipertunjukkan tahun 1995.

Jadi wakil presiden

Habibie menjabat sebagai wakil presiden mendampingi Soeharto periode 1998-2003. Namun, karena krisis moneter dan Soeharto didesak untuk mundur. Kemudian Habibie maju menggantikan jabatan Soeharto mulai 21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999.

Selama pemerintahannya itu, BJ Habibie mengeluarkan berbagai kebijakan yang membuat pandangan pemerintahan dan politik negara berubah. Seperti membebaskan tahanan politik, membebaskan pendirian partai politik, serta membatasi masa pemerintahan presiden maksimal 2 periode.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here