Perjalanan Karier Hingga Ambisi Prabowo Subianto

0
33
Prabowo Subianto
Sejumlah fakta Prabowo Subianto

Elahan.com, Letnan Jenderal (Purn.) H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pria kelahiran Jakarta, 17 Oktober 1951 yang berpofesi sebagai politisi, pengusaha dan perwira tinggi militer Indonesia ini belakangan tengah banyak dibicarakan.

Mulai dari keikutsertaannya untuk kedua kalinya dalam pemilihan presiden, di tahun 2019 ini Ia mencalonkan diri menjadi presiden dan berpasangan dengan pengusaha yang baru-baru ini terjun ke dunia politik Sandiaga Uno. Bertarung dalam kontestasi politik dengan calon pertahana Joko Widodo yang berpasangan dengan Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019 membuat Indonesia cukup heboh hingga seakan-akan membelah masyarakat menjadi dua bagian, pendukung Jokowi dan pendukung Prabowo.

Hal menarik lainnya setelah kontestasi politik yang berjalan cukup panas ini rupanya ada sinyal jika Prabowo akan diangkat menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju. Bermula pada kemunculannya di Istana Negara atas panggilan Presiden Jokowi pada 21 Oktober 2019 dan usai dirinya bertemu presiden dirinya menyatakan bahwa diminta untuk membantu presiden dalam bidang pertahanan. Selanjutnya pada 23 Oktober 2019, Presiden Jokowi resmi mengumumkan siapa saja yang menempati jabatan menteri di kabinetnya dan nama Prabowo pun muncul, Ia resmi menjadi Menteri Pertahanan.

Berikut adalah sejumlah fakta mengenai Prabowo Subianto dari kehidupan pribadinya hingga karier militer dan politiknya:

Kehidupan Pribadi

Prabowo Subianto Djojohadikusumo merupakan pria kelahiran Jakarta, 17 Oktober 1951 ini merupakan putera dari ekonom ternama Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Marie Sigar. Ia merupakan anak ketiga dari empat bersaudara yang terdiri dari dua kakak perempuan yaitu Biantiningsih Miderawati dan Maryani Ekowati, serta satu adik laki-laki bernama Hashim Djojohadikusumo.

Prabowo kecil hingga remaja harus menghabiskan waktunya berpindah-pindah negara karena mengikuti tugas orang tuanya dan membuatnya berpindah-pindah sekolah. Pada jenjang SD, Ia harus berpindah-pindah sekolah, mulai di Hongkong, dan pindah ke Malaysia. Pada jenjang sekolah menengah atas ia menamatkannya di American School di Inggris.

Karier: Mendirikan Lembaga Swadaya Masyarakat Pertama Hingga Bergabung di Militer

Sejak umur 16 tahun Prabowo mulai menetap di Indonesia dan oleh Soemitro dirinya diperkenalkan tentang masyarakat Indonesia. Selain itu, Prabowo kerap kali mengikuti kegiatan orang tuanya berupa pertemuan-pertemuan yang berkaitan dengan ekonomi dan aktivis sosialis.

Selain itu, Ia juga orang yang pertama kali mendirikan lembaga masyarakat di Indonesia dengan nama Lembaga Pembangunan. Lembaga ini terlibat dalam pembangunan jaringan sosial yang sebelumnya pernah dibangun oleh orang tuanya. Ia pun memiliki ide untuk mengumpulkan kembali anak-anak dari petinggi Partai Sosial Indonesia (PSI) yang menjadi partai di mana orang tuanya aktif dulu.

Prabowo Subianto ketika menjadi Kopassus.

Akan tetapi niatnya ini terhenti di tahun 1970, sebab di usia 19 tahun dirinya memutuskan untuk meneruskan pendidikannya di Akademik Militer Nasional (AMN) di Magelang, Jawa Tengah. Prabowo kemudian lulus dari AMN pada 1974 dan dua tahun kemudian Ia bergabung dengan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Angkatan Darat. Di satuan inilah nama Prabowo mulai dikenal karena menjadi komandan Peleton Para Komando Grup-1. Puncaknya adalah ketika dirinya menjadi orang nomor satu di Kopassus pada tahun 1996-1998, dan saat itu dirinya pun telah menikah dengan Titiek Soeharto yang merupakan anak Presiden Ri, Soeharto.

Kariernya pun terus menanjak, hingga akhirnya menjadi Panglima Kostrad pada tahun 1998. Akan tetapi dirinya harus pensiun dari karier militernya atau disebut diberhentikan dengan hormat akibat tuduhan yang ditujukan padanya terkait hilangnya aktivis dan dianggap sebagai tokoh yang melengserkan Soeharto.

Setelah berakhirnya karier militernya, ia pun mulai merambah dunia politik dengan mencalonkan diri sebagai wakil presiden di tahun 2004, dan mencalonkan diri menjadi presiden di 2014, dan terakhir di 2019. Di tahun 2008 pun ia mendirikan partai politik bernama Gerindra yang masih bertahan hingga kini.

Ryamizard Ryacudu serah jabatan Menteri Pertahanan kepada Prabowo Subianto.

Usai kekalahannya mencalonkan diri sebagai presiden sebanyak dua kali, akhirnya pada tahun 2019 ia menempati jabatan sebagai Menteri Pertahan Republik Indonesia di Kabinet Indonesia Maju.

Berambisi Wujudkan Pasal 33 UUD 1945

Prabowo diketahui memiliki misi dan ambisi untuk mewujudkan apa yang terkandung dalam pasal 33 UUD 1945. Hal ini karena jika poin-poin pada pasal itu bisa terwujud Indonesia akan menjelma menjadi ‘Macan Asia’.
Adapun isi dari pasal 33 UUD 1945 ini adalah pada ayat 1 terturlis jika perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan. Pada ayat 2 berbunyi, cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara. Ayat 3 berbunyi, bumi dan air serta kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat. Terakhir pada ayat 4 berbunyi, perekonomian nasional diselenggarakan atas dasar demokrasi ekonomi dengan prinsip keadilan, kebersaman efisiensi keadilam, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here